New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Etika Menakjubkan Fine Dining Course yang Belum Kamu Tahu

Blog thumbnail

Hello Readers! Sudah pernah makan di restoran mewah atau fine dining restaurant?

Biasanya, untuk merayakan anniversary pernikahan atau hari Valentine, banyak pasangan yang menikmati dinner romantis di restoran berkelas.

Wah, buat kamu yang mungkin sudah pernah menikmati makan di restoran mewah, kamu sangat beruntung bisa mendapatkan pengalaman bersantap yang spesial ini.

Tetapi, bagi yang belum pernah atau ingin mencoba fine dining sebaiknya kamu perlu belajar terlebih dahulu beberapa etika dan fakta menarik dibaliknya.

Pasalnya, fine dining bukan sekadar bersantap makanan enak dalam suasana mewah dan nyaman lho! Ini adalah pengalaman jelajah rasa yang membutuhkan aturan dan etika sama di berbagai negara.

Apa saja sih etika menakjubkan fine dining di seluruh dunia? Yuk, simak informasi menarik berikut ini ya, guys!

 

1. Pakaian

So, what is the dress code for fine dining? Mengunjungi fine dining restaurant kamu harus berpakaian nyaman, tapi juga sopan dan semi formal.

Untuk cowok, umumnya mengenakan kemeja dan dasi. Sedangkan, wanita dapat berpakaian dress atau gaun malam yang simple.

Menariknya, fakta di masa lalu, wanita yang diajak dinner di restoran kelas atas diharuskan mengenakan sarung tangan kulit sebagai simbol status sosialnya. Sedangkan, laki-laki memakai tuxedo atau jas resmi.


2. Meja

 

Oke, sudah berdandan cantik dan rapi? Sekarang, kamu harus tahu aturan pertama ketika duduk menghadap meja makan.

First of all, hindari meletakkan siku di atas meja. Hal ini di beberapa negara dianggap kurang sopan. Selain itu, kamu juga sebaiknya jangan menaruh kunci, dompet, tas, ponsel dan benda lainnya di atas meja.

Umumnya, tas harus diletakkan di bawah meja. Matikan juga ponselmu agar tidak dianggap mengganggu pengunjung lainnya.


3. Serbet

 

What’s next? Ketika duduk di depan meja, cobalah untuk meletakkan serbet yang sudah dilipat di atas pangkuanmu secara rapi dan perlahan.

Serbet ini berfungsi untuk mencegah remah – remah atau sisa makanan mengenai baju atau gaunmu.

Hal terpenting yang perlu kamu ingat, ketika kamu sudah selesai makan. Etikanya, taruh serbet di sebelah piring. Bukan di atas piring atau bahkan di kursimu yaa..


4. Menu

 

Oke, beralih ke menu, restoran mewah sudah pasti akan mencantumkan berbagai menu terlezat. Sayangnya, terkadang memakai bahasa asing yang terkadang sulit dipahami.

Don’t worry, guys! Kalau kamu merasa tidak yakin harus memesan apa, jangan ragu untuk meminta pelayan memberikan beberapa rekomendasi menu andalannya.

Kalaupun kamu harus diet makanan tertentu, pastikan untuk bertanya dulu kepada pelayan apakah ada hidangan lain yang lebih cocok.


5. Tableware


Semakin mewah restorannya, semakin banyak tableware yang akan kamu gunakan di atas meja.

Bila kamu bingung harus memakai sendok atau garpu yang mana, aturannya adalah gunakan dari yang paling luar dulu.

Sebagai contoh, pertama gunakan garpu salad (garpu terkecil) yang ada di sebelah kiri terluar dan sendok appetizer ada di sisi kanan terluar.

Kemudian, potonglah daging atau makanan untuk satu kali lahap, bukan dipotong – potong semua sekaligus.

Setelah selesai bersantap, letakkan pisau dan garpu di atas piring secara bersilangan. One thing to noted, hindari meninggalkan sendok di dalam mangkuk sup.


6. Course

Soal hidangan, sebaiknya hindari memesan salad sebagai hidangan utama. Kenapa begitu? Karena, bersantap di fine dining resto adalah pengalaman makan yang harus dimulai dari hidangan pembuka atau amuse-bouche dan diakhiri dengan hidangan penutup.

Aturan yang wajib kamu ingat, sebaiknya pesanlah menu yang sama dengan temanmu. Jangan sampai, hidanganmu sudah tiba, tetapi temanmu hanya duduk memandang kamu makan.

Ini sebabnya, sekarang banyak fine dining restaurant bergengsi di dunia menawarkan menu multi-course khusus. Tujuannya, agar semua pengunjung bisa menikmati hidangan yang sama pada waktu yang sama pula.


***

Bagaimana, sekarang kamu tertarik mencoba makan di restoran mewah dengan keunikan ‘rulesnya’? Eitss.. sebelum berangkat, follow dulu @brewsuniq dan simak terus artikel menarik kami lainnya. Best luck for you, guys!