New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

A Tour of Plating Inspirations

Blog thumbnail

Kalau kita bicara tentang presentasi makanan, tentunya yang langsung terlintas di pikiran kita adalah sajian-sajian yang bagus dan menawan, yang mampu mengoyang lidah dan memikat mata. Ungkapan "terlalu indah untuk dimakan" bahkan sering kita nobatkan pada hidangan yang ditata sedemikian sempurna. Layaknya sebuah pertunjukan, kita diundang untuk merasakan sebuah pengalaman istimewa, dalam kreasi-kreasi unik dan kreatif yang disajikan diatas meja.

Untuk Journal edisi kali ini, kami akan memandu para readers dalam satu Food Plating Tour dimana kami sudah merangkum beberapa menu restoran dan signature dish dari Chef dan Food Stylist yang mereka buat diatas piring-piring kami. Mungkin ada yang bisa dijadikan inspirasi untuk Cafe kamu, ide untuk lomba masak minggu depan, atau sekedar coba-coba replicate dish terus dipamerin di instagram (siapa tau kan, masak terus posting eh jadi selebgram. Jangan lupa tag @brewsuniq ya hehe) .

Okay, enough with the intro - yuk langsung ke meja makan. *warning : mulai dari titik ini banyak godaan, konten berbau serious Foodporn.

Burnt Hispi Cabbage with Chilli, Peanut and Soy on the White

Nah, kita mulai dari yang ringan dulu ya guys, berikut adalah vegetable-based menu. Buat kamu yang biasanya "ihhh malas ah sayuran", yakin ngak mau makan kalau tampilan nya begini ?

Tuna Tartare on Ashgray Solitude plate, Yabai Izakaya - JKT @yabaiizakaya

Masakan Jepang memang irresistible ya, selain keunikan dari segi rasa dan bahan dasar yang digunakan, teknik pengolahannya juga gak sembarangan loh. Pantas aja dihargai mahal. Mana nih yang doyan ke restoran "irrasshaimase" ?

Dari tiga menu dibawah ini, kamu pilih yang mana untuk brunch ?

Ngak heran jadi destinasi wisata top dunia. Selain pantainya yang indah dan warga lokalnya yang ramah, Bali juga surganya kuliner. Mantap jiwa lah pokoknya ! Sudah pernah main kesana ?

Andaliman Black Angus. Jus Potato on Kaze Impression Plate. Milen Meccano @milenmeccano

sebelum dear readers pada ribut "mana dagingnyaaa?. ini ya kita keluarin. Btw sorry yang bawah non-halal .

Miso Belly on Dark Shaded Ramen Bowl. Cremelin - Bandung @cremelin_id

Menu dibawah ini keduanya bertemakan curry loh. Which plating style do you prefer ?

Memilih piring yang pas mungkin terkesan sepele, namun sesungguhnya menentukan alas yang tepat agar terlihat harmonis dengan kreasi kita can be quite tricky. Ada warna, motif, bentuk hingga texture yang perlu disesuaikan dengan konsep kamu.

Full marks for the plating. Plating yang dipilih berwarna natural, dengan earthy tone yang klop banget dipadukan bersama elemen hijau dan kuning dari dish ini.

Presentasi yang simple, clean namun tetap menarik tentunya. Mungkin kamu juga bisa coba nih!

Okay, sudah puas dengan savoury dish? Yuk kita lanjut ke dessert -

Left : The Central Park on Kestrel Grey. Right : Mango Roll on Stone Long Plate. 71st Omakase - JKT @71stomakase

Wow, ini baru visual yang menyegarkan mata. Kalau dibuatin dessert yang seperti ini, dietnya besok aja kali ya ......

Kalau di perhatikan lebih detail, base yang digunakan untuk dessert dishes itu mayoritas lebih ke warna-warna netral. Mengapa ? Karena komponen makanan dalam menu dessert umumnya memang berwarna terang, so as to let the color shine, black and white are favourites for contrast.

Last but not least, menu Waffle X Gelato yang sudah pasti cocok dan gak bakal mengecewakan. Tinggal gimana cara kita menata presentasinya supaya tampak mengesankan. Disini kita bisa menambah warna dengan berries dan berimprovisasi dalam peletakan complementary sauce.

So... that's about it readers! Gimana menurut kalian ? Apakah penampilan masakan yang memukau lantas membuat lidah kita tergiur untuk mencicipinya? Mana yang jadi favoritmu ?

Tentunya masih banyak lagi karya-karya yang sudah di-sharing kepada kami namun belum sempat kami publikasikan. Mungkin diedisi berikutnya hasil plating kamu yang akan terpilih, jadi teruslah memasak dan share with us (tag instagram @brewsuniq).


Written by : Brewsuniq Editorials

*Disclaimers : We do not own the photos used in the article. Credit goes to respective restaurants and individuals as mentioned.