New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Yuk, Ikuti Panduan Bikin DIY Pottery Unik untuk Hiasan Rumah

Blog thumbnail


Seperti yang kalian tahu nih, Readers! Ada banyak bahan di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk membuat suatu karya seni yang bernilai tinggi. 

Seperti kerajinan dari tanah liat, keramik, atau pottery yang kini makin banyak diminati masyarakat. Pottery merupakan suatu bahan yang bisa dibuat aneka kerajinan tangan. 

Pottery dibuat dari bahan tanah liat dengan tekstur lunak dan mudah dibentuk. Itulah sebabnya, karya pottery yang tercipta tak cuma bernilai estetika tinggi. Tapi, juga fungsional untuk sehari-hari. 

Di masa kini, pottery umumnya banyak dipakai untuk hiasan rumah atau dekorasi interior ruangan. Dalam pembuatannya, dibutuhkan ketelatenan serta kesabaran ekstra. Pasalnya, terkadang membutuhkan waktu yang lama. 


Langkah Awal Pembuatan Pottery

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat kerajinan adalah menyiapkan seluruh peralatan dan bahan yang akan digunakan. 

Untuk membuat kerajinan souvenir pottery sebenarnya cukup mudah, karena kamu hanya memerlukan bahan yang sederhana yaitu tanah liat. 

Selain itu, alat-alat yang digunakan untuk memperindah tampilan juga cukup mudah kamu dapatkan karena ada di banyak terdapat di sekitarmu. 

Misalnya, jika kamu akan membuat souvenir pottery dengan motif menyerupai mangkuk. Untuk tahapan membuatnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

https://sarungpreneur.com


Menyediakan Adonan Tanah Liat

Sebagaimana disinggung di atas, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyediakan bahan dasar untuk membuat souvenir pottery, yaitu menyiapkan adonan dari tanah liat. Tips membuat adonan adalah jangan terlalu lembek agar mudah untuk dibentuk. 


Membentuk Adonan Tanah Liat

Setelah adonan tanah liat tersedia, selanjutnya kamu bisa menggepengkan tanah liat sampai berbentuk bulat dan pipih. Pipihkan adonan secara memanjang menggunakan tangan dan usahakan agar ketebalan tanah liat merata bentuknya simetris.

https://sarungpreneur.com


Membuat Ukiran atau Gambar

Untuk membuat ukiran atau gambar di atas adonan tanah liat, kamu bisa menempelkan kain yang mempunyai tekstur timbul, sehingga jika ditempelkan pada adonan tersebut akan menimbulkan bekas seperti pola pada kain.


Membuat Lubang

Setelah adonan mempunyai gambar atau ukiran pada permukaannya, langkah selanjutnya adalah dengan membuat lubang pada bagian pinggir. Lubang ini bisa digunakan untuk membuat gantungan.


Masukkan Adonan Pada Mangkuk

Selanjutnya, kamu bisa langsung memasukan adonan pada mangkuk, dan melapisi semua permukaan dalam mangkuk menggunakan tanah liat. Sehingga akan terlihat sebuah mangkuk yang terbuat dari tanah liat.


Memberi Pewarna

Tahap terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menambahkan pewarna pada karya atau souvenir pottery yang sudah jadi, ini karyamu terlihat lebih cantik, unik, dan menarik.

https://sarungpreneur.com/umumkan/wp-content/uploads/2015/06/Kerajinan-dari-Tanah-Liat.jpg


Setelah selesai, kamu bisa lihat hasil karyamu sendiri. Kamu juga bebas membuat desain sesuai preferensi yang kamu inginkan. 

Selain dengan langkah-langkah di atas, tambahkan juga beberapa hiasan pottery lainnya seperti membuat motif bunga mawar atau kupu-kupu dari tanah liat.

Souvenir pottery unik di atas hanya satu dari beberapa contoh kerajinan dari tanah liat.  

Kamu bisa membuat kreasi sendiri, misalkan dengan menambahkan hiasan yang cantik, membuat desain baru, atau membuat barang baru yang belum pernah ada sebelumnya. 

Kamu bisa terus mencoba untuk membuat karya yang sederhana tetapi tetap memiliki nilai estetika dan nilai guna. 

Selanjutnya, jepret hasil karyamu dan bagikan ke akun media sosial. Dengan begitu, pottery bikinanmu akan menginspirasi orang lain. Bahkan, bisa menjadi peluang bisnis.

Semoga cara di atas bermanfaat ya, Readers. Silakan dicoba.