New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Wow Banget! Memilih Peralatan Makan untuk Foto Makanan yang Instagenic

Blog thumbnail

Tren food photography kini banyak diminati, seiring dengan penggunaan media sosial. Untungnya, tidak ada aturan dalam fotografi makanan.

Tapi jika ingin memulai hobi atau karir profesional di bidang fotografi ini, ada beberapa tips yang dapat membuat jalan lebih mudah dengan memilih peralatan makan yang tepat.


Pilih Warna Putih



Kebanyakan makanan dan properti foto lainnya cocok dengan warna putih. Gunakan piring putih polos yang sederhana saat sedang belajar mengabadikan makanan.

Walau dianggap membosankan, piring berwarna putih selalu jadi pilihan yang aman untuk mengeksplorasi gaya foto dan sudut makanan yang dapat dijepret.


Mulai dengan Peralatan Makan yang Polos

Untuk piring, mulailah dengan yang polos tanpa pinggiran, hanya permukaan yang haus. Piring dengan pola dan ukiran yang indah memang terlihat luar biasa untuk menambahkan nuansa dalam foto.

Tapi butuh kemampuan lebih untuk memastikan pola-pola cerah dan cantik dalam piring itu tidak mengalahkan makanan.

Begitu juga dengan mangkuk yang punya pinggiran tipis untuk menghindari terciptanya bayangan yang dapat merusak keseluruhan foto makanan. Selain itu, pilih mangkuk yang dangkal karena lebih mudah dalam penataan makanannya.


Pilih Ukuran yang Kecil

Piring besar dengan sejumlah kecil makanan akan membuatnya terlihat kosong, kecuali memang ditujukan untuk menempatkan makanan dengan sebaran hiasan yang ringan atau mengisi ruang dengan sepotong alat makan.

Secara umum, sepiring kecil atau semangkuk makanan lebih mudah ditata daripada sepiring besar, karena tidak akan membuat Anda terlalu khawatir dengan menambahkan garnis atau lebih mudah memusatkan fokus pada makanan.


Pemilihan Warna Gelap untuk Peralatan Makan

Selain putih, memiliki peralatan makan seperti piring atau mangkuk dengan warna yang sangat gelap juga bisa jadi pilihan tepat.

Warna gelap terlihat sangat fantastis ketika digunakan untuk makanan berwarna terang atau cerah, karena benar-benar membuat warna makanan lebih menonjol dan memberikan kesan yang sangat elegan.


Pilih Permukaan Alat Makan yang Matte

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil food photography. Pengaturan komposisi dan gaya yang begitu sederhana bisa jadi merupakan foto yang menakjubkan, berkat mood yang diciptakan lewat pencahayaan yang tepat.

Bagi fotografer amatir yang belum menguasai keterampilan memotret dalam cahaya lembut yang luar biasa. Tips untuk membuat foto tanpa pantulan cahaya yang terlalu tajam adalah peralatan makan dengan permukaan matte. Pilih piring atau mangkuk yang terbuat dari tembikar atau bahan lain yang tidak memantulkan cahaya.


Warna dan Pola Piring Bisa jadi Luar Biasa, Asal…

Menggunakan piring atau alas makan lainnya dengan warna dan pola yang mencolok bisa menjadikan foto makanan tampak benar-benar menonjol.

Tapi butuh keahlian tersendiri untuk memasangkan warna alas makan dengan makanan yang ditata di atasnya. Jangan sampai kecantikan makanan tersebut kalah dengan keindahan piring yang seharusnya hanya jadi pelengkap foto.


Memotret Piring Persegi

Bukan hanya berbentuk bulat, kini ada banyak pilihan bentuk piring yang mempercantik foto makanan, salah satunya persegi.

Namun, bentuk piring ini sebenarnya cukup sulit untuk diambil fotonya karena cenderung terlihat kurang seimbang saat mencoba memotretnya, tidak peduli sudut kamera apa yang Anda gunakan.

Solusinya, memotret makanan dengan piring yang ditempatkan secara lurus, dan gunakan sudut rendah untuk memotret seluruh piring yang berada di tengah foto. Bisa juga menangkap sekitar ¾ piring dengan sudut foto yang rendah.


Ada banyak tips yang bisa digunakan untuk foto makanan yang instagenic, Readers mau mencobanya?