New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Wood Platter, Gaya Rustic Penyajian Alternatif untuk Kafe & Resto

Blog thumbnail

 

Pada umumnya, restoran atau kafe dan tempat kuliner lebih memilih memakai piring sebagai tempat penyajian makanan. Padahal, kayu dapat menciptakan kesan unik yang tak terlupakan.

Bahkan, beberapa tahun terakhir, mulai muncul ide-ide unik penyajian makanan yang berbeda dari bisnis kuliner kebanyakan. Misalnya, menggunakan wajan, kotak bekal, rantang, hingga daun jati dan masih banyak lagi.

Lalu, darimana tren tempat penyajian unik ini dimulai? Kemungkinan besar, hal ini muncul setelah wood tray mulai diperkenalkan.

Wood tray atau nampan kayu, biasanya dipakai untuk tempat penyajian pizza atau burger.

Banyak restoran yang sengaja menyingkirkan piring putih beling tradisional, demi memakai wood tray. Tapi, kenapa tren wood tray disukai? Berikut beberapa alasan kuat yang dapat menambah inspirasi Anda!

Munculnya Kontroversi Nampan Kayu Sebagai Piring Saji


Faktanya, beberapa tahun silam muncul sebuah kampanye Twitter yang menghebohkan publik, yaitu WeWantPlates.

Kampanye trending tersebut muncul setelah ada sejumlah tempat yang memakai piring saji unik dan wadah makanan aneh.

Alasan banyak orang yang ingin memakai piring biasa, memang bisa dimaklumi. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang tidak bisa memakai nampan kayu atau talenan kayu. Contohnya, makanan berkuah atau pasta.

Meskipun, pemakaian nampan kayu atau wood tray masih menimbulkan pro dan kontra, namun keindahannya layak dipertimbangkan.

Bagi orang yang mendambakan kesederhanaan dan vintage, nampan kayu adalah wadah makanan ideal.

Apakah Nampan Kayu Higienis Untuk Makanan?


Ada sejumlah orang beranggapan kalau nampan kayu kurang higienis. Sebab, bahan alami seperti kayu atau bambu mudah ditumbuhi jamur. Selain itu, kayu lebih sulit dibersihkan dan bila terlalu lembab bisa menjadi perkembangbiakan bakteri.

Padahal, menurut penelitian asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar! Sebuah penelitian terkenal yang dilakukan di University of California, Davis mengungkapkan bahwa "[Bakteri] tidak dapat berkembang pada permukaan kayu dalam waktu singkat setelah dipakai."

“Meskipun bakteri yang telah menghilang dari permukaan kayu ditemukan hidup di dalam kayu untuk beberapa waktu setelah pemakaian, mereka ternyata tidak berkembang biak, dan mereka secara bertahap mati. Bakteri hanya dapat dideteksi dengan membelah atau mencungkil kayu atau dengan memaksa air sepenuhnya mengalir dari satu permukaan ke permukaan lainnya.”

Keunggulan Wood Tray atau Nampan Kayu untuk Piring Saji

Pada kenyataannya, ada banyak pro dan kontra menggunakan papan kayu sebagai piring. Berikut adalah keunggulan wood tray:

Kelebihan:

•     Banyak orang menyukai gaya rustic papan kayu.

•     Mereka sangat higienis.

•     Kayu adalah isolator yang baik, sehingga membantu menjaga makanan tetap hangat.

•     Mereka lebih tahan lama daripada pelat biasa.

•     Kayu dapat terurai secara hayati dan terbarukan.

Tak ada alasan untuk melewatkan wood tray sebagai piring saji. Selama dirawat dan dibersihkan dengan baik, wood tray adalah alternatif piring saji yang aman untuk restoran, kafe, dan bahkan bersantap istimewa di rumah.

Manfaat Memakai Wood Tray untuk Penyajian Makanan

Berikut adalah beberapa manfaat memakai wood tray untuk membangkitkan selera pecinta makanan:

1. Gaya rustic yang sederhana

Wood tray menghadirkan presentasi unik yang simpel, alami, dan casual. Pengunjung atau tamu akan diingatkan kembali ke zaman tempo dulu. Cocok untuk restoran, kafe, atau tempat kuliner yang menyajikan hidangan casual.

Selain praktis, penempatan hidangan menjadi lebih sederhana dan mudah.

2. Mudah dibersihkan

Wood tray dapat dibersihkan dengan air dan sabun seperti biasa. Yang perlu dilakukan adalah mengelap sampai benar-benar kering agar tetap awet.

3.     Isolator panas

Wood tray dapat menjadi alternatif ketika menghidangkan makanan yang panas. Kayu adalah isolator yang efektif, jadi makanan akan tetap hangat dalam waktu lebih lama. Selain itu, pelayan bisa lebih mudah membawa ke depan tamu.

 

Ayo, temukan wood tray terbaik untuk restoran, kafe, atau usaha kuliner Anda agar tampil unik dan memanjakan para pecinta kuliner. Buka webstore Brewsuniq kategori Woodenware di sini untuk berbagai pilihan produk tempat saji kayu lainnya!