New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Usung Tren Shabby-Chic untuk Ceriakan Suasana Makan, Begini Caranya

Blog thumbnail

Buat kalian yang suka mengamati tren interior rumah, mungkin sudah tidak asing dengan sebutan shabby-chic.

Tren ini sendiri pertama kali booming di Amerika Serikat dan Eropa pada tahun 90an dan hingga kini masih digemari untuk berbagai pilihan perabot dan aksesoris rumah.

Gaya unik ini berakar pada budaya Mediterania dan sangat dipengaruhi oleh tradisi yang berasal dari Italia, tepatnya Tuscany, dan Yunani.

Meskipun awalnya diterapkan pada furnitur, desain ini sekarang sangat populer di peralatan makan lho, Readers. Mau bukti? Yuk, intip daftarnya berikut ini:


Pilihan Warna dan Motif Obyek Shabby-chic

Objek khas shabby-chic biasanya dilukis menggunakan warna-warna terang, sering kali putih, dan terkesan vintage.

Salah satu karakter yang menarik dari tren ini adalah memberi kalian kesempatan untuk berkreasi. Karena, tidak ada aturan khusus untuk melakukannya.

Misalnya untuk warna, kamu bebas menggunakan warna-warna terang, nuansa warna putih, krem, pearl grey, dove grey, gading, ungu muda dan warna pastel.

Sedangkan untuk motif, pilih peralatan makanan seperti piring, cangkir, mangkok hingga alas makan dengan motif bunga, burung, motif romantis lainnya.

Bisa juga memilih peralatan makan dengan motif sulam, tali atau renda yang cenderung feminin dan vintage. Unsur kayu pun bisa diselipkan namun dengan warna yang lebih muda dan tampak soft.

Tema vintage dan retro ada di mana-mana, seperti sangkar burung, tas kulit, cangkir gaya Victoria, kaleng penyiram tua yang digunakan sebagai vas bunga, lampu minyak, keranjang jerami, dan wadah berbahan kawat.


Tips Praktis yang Memukau

Tak cuma setiap ruangan di rumah dapat dipercantik dengan tren shabby-chic lho, Readers. Ada beberapa saran praktis yang dapat memukau tamu yang ikut dalam jamuan makan di rumah.

Pertama, hias meja makan taplak meja atau alas piring yang terbuat dari linen atau katun kasar berwarna putih, krem, gading, pearl grey atau warna pastel.

Bahkan taplak meja renda yang sudah lama dimiliki juga akan cocok. Usahakan untuk tidak menggunakan taplak meja plastik yang dapat mengurangi keindahannya.


Pilihan Piring

Untuk tren shabby-chic, piring biasanya dipilih dengan bahan keramik atau porselen dan selalu dalam warna terang atau pastel. Jika perlu ada tambahan dekorasi retro atau vintage.

Untungnya, kalian nggak selalu harus membeli satu set peralatan makan. Asalkan warna dan bentuk dipasangkan dengan selera.

Jangan khawatir jika tampak tidak teratur, kreativitas dalam menata akan memberi meja tampilan yang antik dan unik. Inilah pada dasarnya yang menjadi inti dari gaya shabby-chic.


Peralatan Makan yang Menarik Perhatian

Peralatan makan yang ideal untuk mengusung gaya shabby-chic terlihat antik. Baik, dalam perak atau timah yang mungkin berasal dari milik orangtua bahkan kakek-buyut di masa lalu.

Namun, setiap alat makan tetap dapat digunakan selama tampilannya tidak terlalu polos atau modern. Akan tetapi sebaiknya jangan memakai sendok garpu dari plastik yang akan mengurangi estetika yang diinginkan.


Dekorasi Ruang Makan



Selain memvariasikan peralatan makan baik piring, sendok atau garpu, meja makan dapat didekorasi dengan kerang, lilin atau bunga. Tidak perlu mencari vas bunga kristal, bisa juga menempatkannya di kaleng bekas cat yang dicat ulang atau didekorasi ulang.

Selain digunakan langsung, set piring dan peralatan makan juga dapat memberikan sentuhan tersendiri di dapur atau ruang makan dengan memajangnya dalam lemari kayu di balik tutup kaca yang indah.


Siap menjajal tren shabby-chic di meja makan kalian, Readers?