New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Tips Mengatur Meja Prasmanan yang Memanjakan Tamu Pesta

Blog thumbnail

Hai Reader, kamu berencana mengadakan pesta bersama teman atau keluarga dalam waktu dekat? Biasanya, acara makan di Indonesia lebih popular dengan tata cara prasmanan atau buffet dengan mengambil hidangan sendiri sesuai selera tamu.

Pesta atau membuat jamuan makan yang mengundang orang – orang terdekat perlu diperhatikan detail. Agar mereka tidak kecewa dan bisa menorehkan kesan positif terhadap si tuan rumah.

Meskipun terkesan sederhana, persiapan mengatur meja prasmanan untuk pesta tak boleh disepelekan. Mulai dari ruang gerak tamu, pengaturan meja, hingga jenis hidangan yang akan disajikan, semuanya patut diperhatikan ya, guys.

Kamu tak perlu bingung! Berbekal tips berikut, kamu siap menciptakan pesta dengan meja prasmanan yang berkesan dan memanjakan para tamu. Yuk, simak!

 

1. Pertimbangkan Jalur Ruang Gerak Tamu

Saat mempersiapkan jamuan makan, kamu harus memperhatikan pula ruang gerak para tamu di sekitar meja. Kemungkinan besar, ada tamu yang datang mengambil dan segera berlalu. Tetapi, ada juga yang masih tetap berdiri di sekitar meja.

Terkadang, hal ini membuat tamu lain harus berdesakan untuk mengambil hidangan. Buatlah aliran ruang gerak yang mudah dan jelas.

Salah satu triknya adalah meletakkan meja khusus koktail atau minuman di ujung ruangan yang lebih luas. Atau berseberangan dari meja prasmanan makanan. Sehingga, para tamu bisa menyebar dan tidak menghalangi orang lain atau berkerumun di meja prasmanan.

 

2. Sediakan Meja Makanan dan Meja Minuman Terpisah

 

Sebaiknya meja minuman ditempatkan terpisah dengan meja jamuan makan. Terutama, jika kamu menyediakan kopi, dispenser atau tempat gula khusus. Dengan begitu, para tamu akan lebih mudah mengunjungi tempat minum ini tanpa mengganggu tamu lain yang ingin mengambil makanan di meja prasmanan.

Kamu juga bisa mempertimbangkan menyediakan dispenser atau teko kopi di dekat dapur. Karena, biasanya peralatan ini lebih berat dan rentan tumpah.

Jangan lupa, tempatkan serbet atau keset di bawah meja minuman, agar senantiasa terlihat bersih tanpa tumpahan air.

 

3. Tempatkan Sendok, Garpu, Gelas di Ujung Meja

Kembali ke meja makanan, perhatikan aturan utamanya. Sediakan tumpukan piring di awal baris makanan terdepan. Kemudian, kamu bisa menyediakan pula serbet.

Sedangkan, peralatan makan seperti sendok, garpu, pisau, dan gelas bisa ditaruh di meja paling ujung. Atau bahkan, kamu bisa menempatkan sendok dan garpu di setiap meja tempat tamu duduk dan makan.

Satu lagi, sediakan tempat sampah dan tisu. Bila tidak ada, sediakan saja kantong kresek besar yang bisa dijadikan tempat sampah sementara.

 

4. Atur Menu Hidangan

Memanjakan para tamu dengan hidangan dan menu lezat merupakan kebahagiaan tersendiri bagi tuan rumah. Tetapi, agar tidak banyak terbuang sia – sia, kamu masih bisa mengatur hidangan agar bisa habis semuanya.

Strateginya adalah menghidangkan makanan yang paling banyak di awal. Misalnya seperti oseng sayur, cap cai, bubur ayam, atau menu yang umum. Baru setelah menu awal mulai habis, kamu bisa memasukkan hidangan lain yang bisa dikatakan favorit. Entah itu, bakso, sate, steak, dan sebagainya.

Dengan cara ini, hidangan akan lebih cepat habis keseluruhan tanpa mubazir atau ada yang tidak dipilih para tamu.

***

Nah, itulah beberapa tips utama yang bisa dipertimbangkan dalam menyiapkan prasmanan ya, guys!

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu punya tips inspiratif yang bisa dibagikan?