New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Tips Menata Meja dan Persona untuk Acara Makan Malam yang Sempurna

Blog thumbnail

Readers, kamu mau mengadakan acara makan malam yang mengundang banyak tamu di rumah? Pastinya, ada beberapa persiapan yang diperlukan.

Selain menyiapkan hidangan dan menu, hal lain yang tak kalah penting adalah soal penataan meja serta tata krama sang tuan rumah.

Ketika kita makan sendirian di rumah, tata krama di meja makan tidak perlu bermasalah.

Tapi, bagaimana jika kamu mau menjamu tamu penting di rumah atau saat harus mengadakan jamuan bisnis maupun pertemuan formal?

Dalam situasi ini, kamu mungkin gak akan terlalu fokus ke makanan. Tetapi, pastikan kamu bisa memberikan kesan yang baik.

 

Kenapa sih Harus Punya Tata Krama yang Baik di Meja Makan?

Dengan tata krama yang baik dan benar, kamu bisa menciptakan kesan yang baik di hadapan para tamu, sekaligus menikmati makanan lezat.

Sebab, tata krama bisa menunjukkan bagaimana karakteristik atau persona pribadimu sebagai tuan rumah yang baik.

Di tanah air, masyarakat umumnya tidak hanya bersantap menggunakan alat makan seperti piring dan sendok. Tetapi, juga terkadang memakai tangan secara langsung untuk menikmati hidangan seperti lalapan dan sambal.

Sedangkan, bagi orang asing atau rekan bisnis yang tak terbiasa, kebiasaan makan ini bisa menjadi sesuatu yang tidak nyaman.

Jangan khawatir, dengan mempelajari tata krama yang benar, kalian bisa bersiap menghadapi situasi canggung seperti itu dan lebih mudah beradaptasi.

Lalu, bagaimana sih cara menata meja dan kepribadian kita di meja makan? Yuk, simak tips-tipsnya untuk mempercantik meja makan sembari menjaga tingkah laku dan sopan santun. Simak yuk!

 

1. Menambahkan taplak meja yang menawan

Tanpa disadari menambahkan taplak meja yang bermotif menarik atau warna-warna cantik, bisa memberikan sentuhan nuansa yang lebih hidup pada keseluruhan ruangan meja makan.

Kamu bisa memasang taplak meja dari bahan satin atau taplak meja pada umumnya, selain serbet kain. Taplak meja berfungsi sebagai latar belakang pola atau warna dasar yang bisa mengatur suasana ruang makan.

Selain itu, taplak meja juga menghadirkan bingkai yang dramatis sebagai aksesoris dan hiasan pemanis di sisi tengah meja makan.

Untuk sentuhan yang unik dan artistik, cobalah menata gaya taplak meja bergaya asimetris atau miring.

 

2. Pilih peralatan makan warna putih

Apapun acara dan bagaimana penataannya, meja yang ditata memakai konsep warna putih senantiasa terlihat indah dan elegan. Terlebih lagi, jika kamu memilih peralatan makan warna putih.

Piring, mangkuk, gelas, mug, dll, yang berwarna putih selalu menawarkan kontras yang cocok untuk setiap makanan, musim, dan perayaan.

Kamu bisa mengandalkan piring atau mangkok warna putih di segala suasana pesta yang menyenangkan.

 

3. Menempatkan glassware yang ideal

Untuk acara makan-makan bareng keluarga atau acara pesta yang lebih formal, kamu bisa menggunakan berbagai pilihan glassware.

Tambahkan gelas wine, gelas sherry, atau champagne flute, dll ke pengaturan glassware di meja makan.

 

4. Berikan sentuhan aksesoris dan hiasan pemanis

Ciptakan pengaturan meja makan benar-benar spesial dengan memberikan sentuhan akhir berupa serbet, tempat lilin, tempat kartu, buket bunga, atau buku menu.

Elemen-elemen aksesoris ini tampaknya simpel, tapi memiliki dampak luar biasa pada acara-acara khusus.



Gimana, sudah siap menata meja makan untuk acara pestamu nanti? Dapatkan aneka peralatan makan, dinnerware, dan glassware terbaik hanya di Brewsuniq.

Cek webstore Brewsuniq atau follow Instagram @brewsuniq untuk mendapatkan penawaran update hari ini, ya!