New Glassware Dinnerware Set Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Aesthetic Woodenware Must Have Cooking Tools

Taplak di Meja Restoran, Apa Manfaatnya?

Blog thumbnail


Reader, perlu diketahui kalau membuka restoran adalah bisnis yang cukup menguras modal. Setiap biaya harus dipertimbangkan secara hati-hati.

Biasanya, tidak banyak restoran yang memakai taplak meja. Sebab, taplak meja dianggap hanya pilihan opsional saja.

Kalau kalian termasuk orang yang bergerak di dunia restoran atau kuliner, inilah beberapa keuntungan memakai taplak meja restoran yang bisa dipertimbangkan:

 

1.  Penampilan.

Karena taplak meja bisa menutupi area yang luas, taplak meja bisa mengubah suasana dan tampilan ruang makan dalam waktu singkat.

Jenis taplak meja yang dipilih akan memainkan peran besar dalam penampilan restoran. Tapi, kebanyakan restoran akan memilih nuansa putih, putih tulang, atau warna pastel.

Namun, memang kenyataannya, tidak semua restoran memilih warna putih yang berkesan high-end. Ada juga yang menempatkan plastik laminasi atau taplak meja vinil dengan nuansa yang cerah atau bermotif.

Motif atau pola yang paling umum adalah kotak-kotak merah atau biru, tetapi ada juga pola lain. Seperti motif bunga/ floral, motif garis, polkadot, dan lainnya.

Memakai taplak meja bisa dengan mudah mengubah aksen warna ruang makan, tanpa perlu menghabiskan biaya mahal.

Dalam kondisi tertentu, menggunakan taplak meja adalah cara praktis dan murah untuk menutup goresan atau mungkin noda yang sulit dihilangkan di atas permukaan meja.

Bahkan, tanda gores atau noda kotor kecil saja, bisa meninggalkan kesan buruk bagi bisnis restoran.

Maka itu, berinvestasi pada taplak meja agar efisiensi biaya ketimbang membeli meja baru.

 

2.  Meredam bunyi.

Bukan rahasia lagi, kalau kebisingan selalu jadi perhatian di dunia restoran. Seringkali ini jadi keluhan utama pengunjung saat makan di restoran fine dining.

Permukaan keras seperti meja kayu atau meja kaca tidak mampu meredam suara. Namun, malah memantulkan gelombang suara di sekitarnya, sehingga tampak ramai.

Ada banyak cara meredam suara di ruang makan tamu, namun taplak meja adalah salah satu cara yang paling efisien biaya dan waktu.

Selain membantu menghalangi gema atau bunyi, taplak meja juga bisa mencegah bunyi peralatan makan. Misalnya, ketika pelayan atau tamu meletakkan piring, gelas, atau peralatan makan logam, suara sekecil apapun bisa terdengar mengganggu.

Untungnya, dengan taplak meja di restoran, maka bisa membantu meredam kebisingan dan menaruh peralatan makan apapun terasa lebih nyaman.

 

3.  Persepsi.

Tampilan meja dapat memengaruhi segalanya. Mulai dari harga yang diharapkan pelanggan untuk dibayar, hingga selera makanan. Taplak meja linen dan katun sering dikaitkan dengan restoran mewah, yang berarti pelanggan dapat mengharapkan pengalaman yang lebih mewah.

Taplak meja dapat meningkatkan penampilan ruang makan di mata pelanggan, namun selain itu, taplak juga memengaruhi alam bawah sadar.

Ilusi Delboeuf2 menjelaskan bagaimana perubahan visual tertentu dapat memengaruhi persepsi ukuran, dan sering dipertimbangkan di restoran sehubungan dengan ukuran piring. Efek ini membuat orang percaya bahwa ukuran porsi lebih besar ketika disajikan di piring kecil.

 

Taplak meja ikut bermain ketika warnanya sama dengan piring atau setidaknya memiliki warna yang sama. Paling sering ini terlihat di restoran fine dining dengan piring putih di atas taplak meja putih.

Kesamaan warna ini membuat batas piring lebih sulit dilihat, yang sebenarnya dapat meniadakan efek ilusi Delboeuf. Sehingga, sebagai pemilik restoran, kalian bisa bebas menentukan warna piring atau tampilan hidangan. dccuko

 

Eits, kalian tau gak, di Brewsuniq juga punya berbagai koleksi taplak meja yang keren! Cek webstore Brewsuniq lalu search atau ketik “tablecloth” untuk berbagai pilihan taplak meja cantik yang bisa meningkatkan suasana ruang makan di rumah. Bisa juga untuk kado orang tercinta, lho.