New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Tableware Memainkan Peran Fundamental untuk Pengalaman Bersantap Customer, Ini Alasannya

Blog thumbnail

Happy to see you again, guys! Ready to enjoy our delicious journal? Oke, kali ini kita akan membahas tentang peran penting tableware untuk komposisi penataan food presentation.

Bisa dikatakan, tableware yang artistik dan indah dari sebuah restoran atau bisnis kuliner, akan mampu menciptakan daya tarik visual makanan bagi customer.

Bahkan, para chef pro lebih suka menyebutnya dengan istilah ‘sinkronisasi visual’. Ini artinya, makanan yang disajikan untuk foody lovers, bukan hanya sekadar mengisi perut. Lebih dari itu, ini adalah tentang pengalaman bersantap.

Bagaimana tidak, guys? Bayangkan, ada food lovers yang jauh-jauh datang dari benua lain, hanya untuk menikmati seporsi hidangan restoran kamu. Atau, mereka rela memesan sejak 2 – 3 bulan sebelumnya, hanya agar bisa duduk mencicipi menu andalan restoranmu.

Persepsi sensorik makanan, dapat diawali dengan daya tarik secara visual. Setelah itu, baru beralih ke aroma makanan, rasa, tekstur, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana jika persepsi pertama salah? The whole rest of it could be wrong! Seluruh sisa pengalaman bersantap juga bisa keliru.

Jadi, betapa pentingnya menambahkan karakter pada tableware restoranmu agar makanan terlihat lebih menarik dan bisnis kulinermu makin sukses. Simak beberapa alasannya berikut ini.

1. Memberikan Sentuhan Personal

Tableware atau peralatan makan yang dipersonalisasi oleh restoran, sekarang sudah menjadi trendsetter.

Tidak hanya menempatkan logo atau branding awareness tertentu, tableware juga bisa disesuaikan untuk meningkatkan rasa dan tampilan makanan yang disajikan.

Sebelumnya, restoran klasik mungkin hanya menggunakan bahan beling atau pecah belah. Namun, tengok di masa modern seperti sekarang.

Banyak cafe dan restoran kekinian yang memakai piring berbentuk unik. Mulai dari piring berbentuk persegi panjang, tanah liat, kayu, rotan, hingga piring granit dan bahkan logam.

Tampilan visual dari tableware memainkan peran penting, terutama dalam food styling.

Lebih penting lagi, karena hal ini bisa menciptakan ciri khas restoran yang mengarah pada loyalitas pelanggan dan peningkatan omzet bisnismu.

2. Menciptakan Kesan Mewah

Pernah nggak kamu lihat ada restoran yang memiliki pengunjung mengantri panjang meski harga menunya relatif mahal? Atau, bahkan pengunjung harus memesan sejak 2 – 3 bulan sebelumnya?

Inilah, efek dari pengalaman bersantap di restoran terlezat yang dapat menimbulkan candu bagi penggemarnya.

Setiap pengalaman bersantap pengunjung, harus menciptakan kesan mendalam. Termasuk kesan bersantap yang mewah, unik, higienis, dan tentu saja menuai pujian dekorasi restoran atau rasa makanannya.

Restoran yang menyajikan makanan khas, bisa membedakan dari bentuk piring saat food presentation. Sebagai contoh, makanan Jepang bisa disajikan di atas piring berwarna hitam yang elegan.

Kemudian, makanan khas Jawa, bisa disajikan di atas piring rotan atau bambu beralas daun pisang.

Sementara, makanan China umumnya lebih ideal disajikan di atas mangkuk. Masakan yang berbeda, membutuhkan tableware yang berbeda.

3. Memberikan Kesan Restoran Sangat Detail Dalam Food Presentation

 

Menurut beberapa chef ternama, tableware sama pentingnya seperti rasa makanan lho, guys.

Kenapa begitu? Karena jenis dan desain tableware merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari food presentation.

Dalam food presentation, kamu perlu memadukan warna hidangan, tekstur hidangan, kemudahan menyajikan di atas meja, serta bagaimana piring akan terlihat di atas meja.

Yang tak kalah penting, seberapa besar biaya tableware, daya tahan tableware, dan kemudahan mencuci atau penyimpanan.

Apa pun pilihannya, tableware yang indah akan menentukan suasana pengalaman bersantap setiap pelangganmu.

***

Ingat, “First impression is the last impression.” Meja yang terlihat cantik dan menarik, akan menambah pujian bagi bisnis cafe atau restoranmu. Jadi, pastikan kamu memilih tableware yang tepat dan berkualitas untuk mewujudkannya.

Jangan lupa, cek dan follow akun @brewsuniq untuk mendapatkan berbagai model tableware terupdate dan info seputar food presentation menarik lainnya. Have a yummy day, readers!