New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Spesial Rayakan Imlek, 5 Cara Ini Bikin Masakan Makin Berkesan

Blog thumbnail

Tahun Baru China atau yang dikenal dengan Hari Raya Imlek menjadi suatu perayaan penting dari seluruh festival tradisional Tiongkok untuk komunitas Tionghoa di seluruh penjuru dunia.

Hari Raya Imlek ini dirayakan dengan beragam cara menarik, contohnya menggantungkan lentera merah, memakai pakaian yang spesial, menyalakan kembang api, sampai memakan hidangan khas Imlek.

Hidangan khas ketika perayaan Imlek pastinya sangatlah beragam dan menggugah selera, contohnya kue keranjang, Tangyuan, spring roll, dumpling, pangsit, jeruk mandarin, ikan, dan sebagainya.

Akan tetapi, yang perlu diperhatikan yakni menjaga kualitas makanan yang sehat selama Imlek supaya tak menimbulkan penyakit.

Cara Terbaik Memasak Hidangan Imlek

Dikutip dari British Nutrition Foundation, ada beberapa cara terbaik yang bisa dicoba jika ingin membuat makanan spesial Imlek yang sehat dan makin berkesan.

1. Dengan Menumis

Yang Chinese New Year Gift Set

 Ketika kalian memasak dengan teknik menumis, kalian hanya perlu membutuhkan sedikit minyak goreng.

Nah, untuk menumis yang sehat, kalian bisa coba tambahkan sayuran, daging tanpa lemak ataupun ikan.

2. Tidak Harus Sayuran Semuanya

Chen Chinese New Year Gift Set - Sage

 

Bahan dasar masakan kalian tak harus semuanya berbahan dasar sayuran. Yuk coba gunakan tahu yang dibuat dari kacang kedelai.

Tak hanya sekadar berprotein tinggi, namun tahu juga dapat menyerap rempah-rempah yang membuat masakan menjadi lezat.

3. Membuat Sup Kaldu

Li Chinese New Year Gift Set

 

Untuk membuat sup kaldu sendiri ini sederhana, sehat, dan pastinya lezat. 

Kalian hanya memerlukan sedikit garam, rempah-rempah, sayuran dan sumber protein tanpa lemak (contohnya udang, dada ayam tanpa kulit, ikan).

Penulis buku nutrisi dan makanan di Pennsylvania, Barbara Rolls mengatakan jika, "Makan sup kaldu bisa mengurangi asupan makanan sebanyak 20%".

Bahkan jurnal European Journal of Clinical Nutrition juga menyatakan jika sup menjadi makanan jenis lembut, sehingga dapat lebih bertahan lama pada perut dibandingkan makanan yang jenis padat.

4. Membuat Saus Sendiri

Wang Chinese New Year Gift Set - Plate

 

Apakah kalian tahu jika tiram, kecap dan ikan ini mengandung garam yang tinggi?

Membuat saus sendiri akan membantu kalian dalam menentukan kadar garam dan gula sesuai porsi sehingga tak terlalu banyak.

Dapat pula menggantikan garam dengan penambah rasa tradisional China, contohnya kerang, udang, jamur kering hingga rempah-rempah supaya meningkatkan cita rasa dari saus buatan sendiri.

5. Memilih Nasi Merah

Pilihlah nasi merah atau mie gandum dibandingkan mie biasa dan nasi putih.

Bukan hanya itu, campurkan sayuran agar meningkatkan asupan serat, mineral dan vitamin. Jagung, kacang polong, wortel dan pok choi menjadi sumber serat yang baik.

Momen Imlek atau tahun baru China pastinya dimanfaatkan menjadi hal untuk menghabiskan waktu dengan keluarga besar untuk mereka yang merayakannya.

Baik untuk makan bersama, pergi ke suatu tempat tertentu, atau hanya sekadar menikmati kebersamaan dengan sederhana. 

Tak hanya momen kebersamaan, perayaan Tahun Baru Imlek ini memang identik dengan berbagai macam santapan lezat.

Untuk tetap mengatur porsi makan saat Imlek cobalah mengonsumsi teh hijau sebagai penutup.

Pastikan selalu menjaga kesehatan supaya kehangatan momen Imlek bisa dinikmati dengan maksimal bersama orang-orang terdekat.

Selain memperhatikan bahan dan jenis makanan yang akan dimasak, tentunya perayaan Imlek juga perlu memperhatikan tampilan dalam penyajian masakan.

Sebagai wadah makanan, motif alat makan yang cantik dan estetik seperti yang ada di Brewsuniq akan menambah nilai estetis presentasi hidangan.

Yuk, pesan alat makan dan alat dapur lainnya hanya di Brewsuniq sekarang juga!