New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Ajaib! Ternyata, Seni Tableware Mempengaruhi Cara Kita Makan

Blog thumbnail

Readers, tahukah kamu, ternyata desain peralatan makan atau tableware itu memengaruhi cara kita menikmati hidangan, lho!

Gak percaya? Dalam sejumlah penelitian, orang yang makan dari mangkuk lebih berat bisa membuat kamu terasa lebih kenyang dan lezat, ketimbang makan dari mangkuk ringan.

Ini hanya sedikit dari beberapa contoh betapa pentingnya hubungan desain tableware dengan cara kita makan.

Desain tableware ini termasuk ukuran, bentuk, bobot dan warnanya.

Dalam seni desain tableware, hubungan ini disebut sebagai “affordances” atau kemampuan interaksi antara obyek dan manusia.

Lebih lanjut, menurut sosiolog Australia, Jenny Davis, kemampuan ini dapat membuat obyek tertentu menciptakan perilaku manusia secara sosial. Kok bisa ya, Readers?

Mari, kita cek dulu ulasan menarik tentang pengaruh seni tableware terhadap cara kita makan berikut, yuk!

 

Warna tableware

Ketika kamu berkunjung ke restoran, kemungkinan besar hidangan bakal disajikan di atas piring putih polos. Bener, nggak?

Namun, chef berkebangsaan Prancis, Sebastien Lepinoy justru meminta stafnya mengecat piring agar berwarna sesuai dengan menu harian dan lebih “memikat selera” para pelanggan.

Hal ini didukung oleh penelitian, bahwa piring berwarna memang bisa meningkatkan cita rasa dan pengalaman bersantap lho, Readers!

Contohnya, popcorn asin yang ditaruh dalam mangkuk berwarna citarasanya cenderung lebih manis, ketimbang popcorn yang ditempatkan di atas mangkuk putih.

Sedangkan, kopi latte yang disajikan dalam mug berwarna juga terasa lebih manis daripada mug putih.

Penelitian di banyak negara selama 30 tahun menemukan bahwa orang-orang dari Jerman hingga Cina, mengaitkan warna dengan selera rasa tertentu.

Misalnya, warna merah, pink, dan oranye, sering dikaitkan dengan rasa manis. Sedangkan, hitam untuk rasa pahit. Sementara, warna kuning atau hijau identik dengan rasa asam. Terakhir, warna putih dan biru cenderung dengan rasa asin.

Dengan info seputar warna ini, kamu bisa menciptakan pengalaman bersantap yang lebih kreatif dan menarik untuk bisnis restoran atau kuliner kamu, kan!

 

Ukuran tableware

Tak cuma warna, dari segi ukuran piring rupanya juga memengaruhi pengalaman bersantap.

Dalam prasmanan misalnya, kamu yang memilih piring kecil cenderung bisa makan lebih banyak.

Sebab, kamu merasa bisa kembali mengambil makanan lagi kalau merasa kurang puas.

Walau begitu, ukuran piring dan porsi rata-rata semakin meningkat seiring zaman. Dulu, rata-rata piring hanya berdiameter sekitar 25 cm.

 Tapi, sekarang piring makan rata-rata berukuran garis tengah 28 cm. Bahkan, banyak piring restoran yang diameternya 30 cm.

Penelitian menegaskan bahwa kita bisa cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori kalau piring kita berukuran besar.

Karena, piring berkapasitas besar, pastinya juga bisa menampung porsi makanan yang lebih banyak.

 

Estetika itu penting

Kini, trend baru telah menyapa. Makanan sehat tidak sekadar apa yang kita makan? Tapi, juga bagaimana cara kita makan.

Misalnya, dengan makan perlahan-lahan, kita bisa merasa kenyang lebih cepat dan mengurangi porsi makan.

Dalam masakan Jepang, Kaiseki, hal ini sudah diterapkan. Yaitu tiap menu ditata dalam porsi kecil dan disajikan dalam pengelompokan piring atau mangkuk yang kecil dan menarik.

Jadi, pelanggan bisa lebih fokus dan menghargai makanannya, terutama dari segi food presentation dan desain tableware.

 

Dari beberapa poin di atas, terbukti kan, cara kita makan bisa memengaruhi pengalaman bersantap yang lebih optimal. Kita bisa lebih menghargai makanan, lebih sehat dan lezat hanya dengan memperhatikan ukuran, bentuk, desain, dan warna tableware yang kita pakai.


Pengen punya peralatan makan elegan dan cantik? Sudah pasti cuma Brewsuniq yang bisa diandalkan. Kunjungi webstore Brewsuniq.com untuk berbagai pilihan tableware unik dan harga bersahabat pilihanmu!