New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Merawat Karpet Agar Tetap Awet, Apa yang Boleh dan Dilarang?

Blog thumbnail


Siapa sangka, karpet yang sering diabaikan dan “diinjak-injak” ternyata bisa menjadi tambahan sempurna bagi interior rumah agar terasa lebih hangat dan mengundang.

Akan tetapi, perlu diketahui, bahwa ada beberapa aturan yang tidak tertulis untuk menerapkan desain ruangan dengan tepat. Tak terkecuali, karpet atau permadani.

Banyak yang bingung, gimana sih cara menempatkan karpet yang benar? Atau, bagaimana agar karpet tidak cepat kotor maupun memudar? Di artikel berikut, kita akan membahas bersama, yuk!

 

Penataan karpet dengan sofa atau kursi tamu

Debonair 03 Floor Carpet Rectangular


Lantas, gimana sih, cara menata karpet di ruang tamu. Terutama, jika karpet menjadi alas furniture. Apakah kamu harus meletakkan seluruh sofa di atas karpet atau hanya di kaki depan sofa?

Umumnya, hal ini tergantung pada ukuran karpet dan ruangan yang akan digunakan.

Sebagai contoh, kalau karpetnya kecil, sedangkan ukuran ruang tamunya besar. Tentunya, kalau semua furniture di taruh di atas karpet akan membuat ruangan tampak kosong dan tidak seimbang.

Karena itu, tempatkan furniture di atas karpet dengan ukuran yang seimbang dan sempurna. Sehingga ruangan akan terasa lebih pas. Selain itu, dapat menciptakan tempat yang nyaman dan hangat untuk kaki menapak ke atas permukaan lantai saat berbincang.

 

Apa model karpet yang cocok untuk ruangan?

Moody SD-BO31 Floor Carpet


Kira-kira model karpet apa yang paling cocok untuk ruanganmu? Apakah motif floral? Garis-garis? Atau, pola lainnya? Model atau gaya karpet terkadang kembali ke selera dan pilihan setiap pribadi.

Namun, yang penting adalah menyelaraskan dan mencocokan warna yang ada di rumah. Perhatikan warna yang ada di kamar. Apakah sudah cocok? Atau, seharusnya lebih terang?


Felicity B-09 Floor Carpet Rectangular


Sebaiknya, foto ruangan terlebih dulu, lalu kamu bisa membandingkan atau membayangkan saat berbelanja karpet. Lalu, rasakan bagaimana, kalau karpet sudah dipasang di dalam ruangan.

Apakah kamar mau mengadopsi gaya vintage? Atau modern, kadang-kadang kamu juga bisa mencampurkan kedua gaya agar menciptakan tampilan yang unik.

 

Apa bentuk karpet yang ideal untuk ruangan?


Marble HY44 Floor Carpet Round 120cm


Saat memilih karpet, direkomendasikan untuk mempertimbangkan luas ruangan dan bentuk area yang akan ditutupi karpet. Sebagai contoh, jika furniture berbentuk persegi panjang, maka sebaiknya juga pilih karpet persegi.

Tapi, untuk jenis meja bundar, sebaiknya juga pilih karpet bundar agar sesuai dengan area di sekitar kursi.

Offcenter 08 Floor Carpet Round


Kalau kamu memiliki barang-barang yang mungkin banyak bergerak seperti dining chair atau bar stool, sangat penting memilih gaya karpet yang tidak mengganggu pergerakannya. Harus ada ruang tersisa di antara benda-benda tersebut dengan tepi karpet. Agar lebih aman dan mencegah bahaya tersandung.

 

Bagaimana cara merawat karpet yang benar?

Aurora Floor Carpet Rectangular 200x300cm


Biasanya, karpet berukuran kecil yang ada di depan pintu masuk atau entriway, jarang dibersihkan. Padahal, bila dibiarkan dapat menjadi terlalu berdebu, atau kehilangan bentuknya.

Direkomendasikan untuk membersihkan karpet di luar ruangan secara teratur. Kalau memang karpet boleh dicuci sesuai petunjuk labelnya, maka tidak masalah untuk dicuci. Tapi, jika tidak bisa dicuci, cukup divacuum cleaner saja.

 

Merawat karpet kalau ada hewan peliharaan di rumah.

Paragon III A Floor Carpet Oval


Bagi pecinta hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Kalau bulu hewan peliharaan menumpuk di karpet, cukup sikat karpet ke satu arah, sampai sebagian besar bulunya terhapus. Gunakan semprotan antibakteri untuk membunuh kuman atau bakteri yang tak terlihat.

 

Gimana, masih bingung pilih karpet mana yang paling pas untuk hunian? Cek di webstore Brewsuniq kategori Rugs dulu, yuk! Ada banyak produk karpet menawan dengan desain elegan untuk apapun gaya ruanganmu. Segera cek koleksi karpet Brewsuniq sekarang ya, buruan jangan sampai kehabisan!