New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Menu Unik Tradisional Cuma Ada di Bulan Puasa, Spesial Banget!

Blog thumbnail

Readers, umat Muslim di bulan Ramadhan menjalankan ibadah puasa selama 30 hari.

Meskipun harus menahan lapar dan haus, namun semua “perjuangan” terasa penuh makna dan spesial ketika datang waktu iftar (berbuka puasa).

Nah, tahukah Anda, ternyata ada banyak hidangan unik khas Indonesia untuk disajikan selama Ramadhan, entah itu saat berbuka (iftar) maupun ketika sahur.

Sajian unik ini terkadang hanya ada di bulan puasa sehingga kehadirannya begitu dinantikan oleh para pemburu takjil dan hidangan berbuka. Apa saja sih menu unik khas bulan puasa? Simak daftarnya berikut, ya!

1.  Kue Barongko asal Makassar, Sulawesi Selatan

Siapapun pasti suka berbuka puasa dengan kue manis dan lezat! Ini dia salah satu rekomendasi hidangan unik ala Makassar, Sulawesi Selatan. Namanya kue Barongko yang dibuat oleh suku Bugis.

Umumnya, kue Barongko disajikan untuk hidangan berbuka atau ketika ada pesta keluarga. Adapun bahan utama yang dipakai adalah pisang, telur, dan santan kelapa. Rasanya manis bercampur gurih santan karena seluruh bahan dicampur dan ditambahkan gula serta garam secukupnya.

Uniknya lagi, adonan tersebut dibungkus daun pisang sehingga lebih menambah cita rasa dan aroma segar yang alami. Proses selanjutnya, kue Barongko dikukus sekitar 30 menit atau sampai matang.

Jika sudah matang, dinginkan kue Barongko terlebih dulu, baru kemudian dimasukkan ke dalam kulkas agar teksturnya lebih padat. Kue Barongko siap dinikmati ketika berbuka puasa.

2.  Sotong Pangkong - Khas Pontianak, Kalimantan Barat

Berbahan utama sotong atau cumi-cumi, menu Ramadhan khas Pontianak ini sudah pasti bakal sulit ditolak lidah. Apalagi, cara pengolahannya daging cumi-cumi dipanggang terlebih dulu dan dioles bumbu pedas manis.

Selain itu, sebelum dipanggang daging sotong dipukul-pukul agar lebih lunak dan tidak alot.

Tak jarang beberapa orang menggunakan bumbu dari bahan kacang seperti bumbu sate untuk menambah sedap menu spesial tersebut.

3.  Kicak – Kampung Kauman, Yogyakarta

Jika mungkin Anda berkunjung ke Yogyakarta saat waktu berbuka, sempatkan diri untuk singgah ke Kampung Kauman.

Sebab di daerah ini ketika bulan puasa menyajikan menu unik, yaitu Kicak setiap tahun. Khusus momen Ramadhan, Kicak disajikan di masjid sebagai pelepas dahaga bercita rasa manis dan gurih.

Kicak merupakan sejenis hidangan penutup yang dibuat dari bahan kelapa dan ketan. Kelapa akan diolah dengan campuran santan hingga matang. Kemudian diberi tambahan gula, nangka, serta kelapa parut.

4.  Bongko Kopyor - Gresik, Jawa Timur

Berlanjut ke hidangan Ramadhan selanjutnya adalah Bongko Kopyor. Takjil atau menu berbuka puasa asal kota Pudak ini bercita rasa manis dan sedap.

Dibuat dari pisang, bubur mutiara, roti tawar, kelapa muda, nangka, dan disiram santan. Adonan lalu dibungkus daun pisang dan dikukus sampai matang.

Hampir setiap tahun, khususnya di bulan suci, banyak penjual takjil yang menjajakan Bongko Kopyor di pinggir jalan. Anda bisa mencicipinya selagi mampir di kota Gresik, sebab di hari-hari biasa akan sangat sulit menjumpainya.

5.  Bubur Kanji Rumbi - Aceh

Provinsi berjuluk Serambi Mekah tak mau kalah menyajikan makanan khas Ramadhan. Bubur Kanji Rumbi biasanya dimasak secara serempak dan bergotong royong oleh para jamaah masjid.

Ketika bulan puasa, setiap menjelang berbuka puasa Bubur Kanji Rumbi akan diberikan pada masyarakat luas, terutama jamaah yang sudah berkumpul di masjid-masjid.

Bahan utama yang digunakan membuat Bubur Kanji Rumbi adalah beras ketan dengan campuran rempah-rempah khas Melayu, seperti kapulaga, jahe, kayu manis, dan cengkeh. Cita rasa bubur ini dominan manis dari gula merah sehingga berwarna kecoklatan.

***

Itulah dia beberapa hidangan khas dan unik beberapa wilayah Nusantara. Agar presentasi hidangan makin kece, pastikan koleksi tableware & cookware dari Brewsuniq menjadi penyempurna meja makan Anda!

Kunjungi webstore Brewsuniq atau Tokopedia Brewsuniq untuk melihat aneka produk-produk elegan untuk pengaturan meja makan & promo spesial di bulan Ramadhan.