New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Memilih Karpet Elegan dan Fungsional, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Blog thumbnail

Karpet atau permadani biasanya menjadi salah satu unsur dekorasi ruang yang tak bisa dilewatkan. Terutama, jika anggota keluarga ada anak-anak atau lansia. Maka, karpet akan semakin menambah kenyamanan ketika berada di ruang keluarga.

Permadani atau karpet bisa dijadikan penutup lantai yang serbaguna. Misalnya, kaki menjadi lebih nyaman dan tidak terlalu dingin ketika duduk di ruang tamu. Atau, tidak khawatir kepala anak terbentur permukaan lantai saat bermain.

Yang jelas, hanya dengan menambahkan karpet cantik sebagai hiasan atau penutup lantai, ruangan bisa berubah nuansa dalam sekejap.

Dengan pilihan warna atau motif menarik, karpet dapat menciptakan suasana ruangan yang lebih semarak dan hidup. Maka itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut, sebelum memutuskan mau membeli karpet. Simak terus ya, Readers!

 

Style

Saat ini, model atau gaya karpet sangat bervariasi, tergantung pada desain interior seperti apa yang kamu inginkan. Desain permadani, tak lagi terbatas pada model Persia tradisional, atau gaya Eropa klasik.

Melainkan, banyak alternatif karpet modern dan kontemporer, seperti motif floral, geometrik, tribal, vines, dan masih banyak lagi.

Nah, sebelum menentukan gaya yang cocok, tentukan dulu apa desain interior ruangan yang serasi dengan tone yang dipilih. Sebisa mungkin, harus menyatu dengan tekstur dan warna furniture yang ada.

 

Warna

Oke selanjutnya, warna karpet juga bisa menjadi pilihan utama berbelanja karpet. Yang jelas, kamu perlu memikirkan warna apa yang tepat dan trend-proof diterapkan dalam ruangan.

Warna karpet akan menentukan warna seluruh ruangan, jadi ini adalah keputusan yang penting.

Jika kamu sudah memiliki furniture, maka pertimbangkan memilih warna-warna berbeda namun masih tetap selaras dengan perabotan.

Ruangan dengan banyak warna dan pola, seringkali paling cocok dengan karpet dengan nuansa warna netral atau satu warna.

Tetapi, kalau ruangan belum ada perabotan, pertimbangkan warna karpet yang berbeda dengan menyesuaikan cat dinding, lantai, dan langit-langit. Karpet yang mencolok pun masih bisa menyatu jika kombinasinya pas. Jadi, pikirkan hal ini dengan baik, ya.

 

Pola Karpet

Mungkin gak semua orang antusias dengan karpet motif. Tapi kalau furniture atau cat dinding kamar semuanya bernuansa solid, karpet bermotif akan bisa menghidupkan ruanganmu.

Pun begitu, ketika kamu memiliki furniture motif, karpet yang solid bisa menciptakan efek earthy yang menenangkan. Jadi, yang terpenting adalah kamu bisa menciptakan keseimbangan.

Kalau kamar sudah penuh perabotan, pertimbangkan karpet solid atau netral tone. Pengaruh motif atau pola tertentu pdaa ruangan terkait erat dengan warnanya. Jadi, pikirkan bagaimana desain interior dan pola karpet nantinya bisa menyatu.

 

Ukuran Karpet

Karpet yang terlalu kecil, malah terlihat canggung dan kurang fungsional. Untuk sebagian kamar berukuran sedang, setidaknya ada 10 – 20 inci jarak antara tepi karpet dan dinding.

Bergantung pada ukuran ruang, kamu bisa memastikan karpet ada di tengah ruangan atau jarak antara karpet dan dinding sama di keempat sisinya.

 

Gaya hidup

Gaya hidup kamu bisa menjadi faktor besar memilih karpet. Kalau kamu punya anak-anak kecil atau hewan peliharaan, karpet putih dan tebal bukan pilihan terbaik, karena sulit dibersihkan.

Pilih karpet dengan pola atau warna yang bisa menyamarkan noda. Karena, lebih mudah dirawat dan dijaga kebersihannya. Di sisi lain, jika kamu ingin menciptakan rasa nyaman dan mewah, pilih karpet yang lembut dan warna atraktif.

 

Apapun jenis karpet yang kamu pilih, jangan lupa tambahkan pillow case yang menarik sebagai pemanis. Kalau bisa hindari sinar matahari langsung, agar warna karpet tidak cepat memudar, ya.

Selain itu, segera bersihkan tumpahan noda atau remah-remah makanan di atas permukaan karpet dengan penyedot debu maupun kain lap sehingga kualitasnya selalu terjaga.


Mau belanja karpet menarik dan berkualitas untuk make-over ruang favoritmu? Yuk, langsung cek webstore Brewsuniq kategori Rugs atau klik link ini, readers.