New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Macam-macam Gaya dan Fungsi Apron (Celemek) untuk Bisnis Restoran

Blog thumbnail

Secara umum, Reader pasti sudah paham, apron atau celemek sering dipakai chef dan staf bisnis kuliner untuk menjaga pakaiannya tetap bersih.

Namun, ternyata selain melindungi pakaian staf dapur dari cipratan minyak, amis bau ikan, dan tumpahan noda, apron juga multifungsi, lho!

Jadi, bagi Readers yang sedang bingung memilih apron terbaik untuk chef atau staf dapur agar terlihat makin profesional, yuk simak beberapa macam gaya apron dan fungsinya berikut.

 

Macam-macam Apron/ Celemek

Memilih apron/ celemek terbaik untuk bisnis kuliner atau staf dapur bergantung pada apa fungsi dan penggunaannya. Sebab, ukuran atau bahan material apron juga menentukan bagaimana apron harus dipakai.

 

1. Server Apron and Waist Apron

Jenis celemek atau apron ini biasanya hanya digunakan di bagian waist atau pinggul. Fungsinya untuk memberikan perlindungan tubuh bagian bawah. Meski lebih pendek, tetap dapat memberikan kenyamanan bagi para penyaji ketika berjalan atau beraktivitas.

Selain itu, apron ini umumnya dilengkapi beberapa saku atau kantong. Sehingga, staf penyaji akan lebih mudah mengantongi pulpen, buku catatan, dan lainnya.

 

2. 4-Way Apron

Celemek atau apron ini memiliki 4 lapisan dan merupakan pilihan ideal bagi staf yang membutuhkan beberapa apron sekaligus saat dipakai.

Jika lapisan luar sudah terlihat kotor, pemakainya bisa dengan mudah menggunakan apron lapisan berikutnya yang masih bersih. Umumya, 4-Way apron akan sangat menghemat biaya pencucian dan efisiensi waktu. Sebab staf dapur gak perlu gonta-ganti atau terlalu sering mengganti apron ketika memasak.

 

3. Apron Bistro

Selanjutnya, ada celemek atau apron bistro. Sama seperti waist apron dan 4-way apron, apron bistro hanya menutupi bagian bawah tubuh. Hanya saja, perbedaan lain adalah apron ini lebih panjang kira-kira beberapa cm di atas mata kaki.

Jadi, sangat cocok dipakai untuk staf yang sering menyeka meja atau bagian front staff agar celana atau rok tetap bersih dari noda.

 

4. Bib Apron

Celemek atau apron bergaya tradisional ini dipakai dengan cara diikat di bagian belakang pinggang dan terdapat lingkar leher yang longgar.

Bib apron memiliki beberapa saku di sisi depan yang memudahkan staf untuk membawa peralatan. Mulai dari kertas order pelanggan, pena/ pulpen, termometer, atau peralatan dapur lainnya saat bekerja agar lebih praktis.

 

5. Celemek/ Apron Tuksedo

Gaya apron tuksedo merupakan versi standar dari apron bib, namun terlihat lebih berkelas dan elegan.

Sangat cocok dikenakan oleh staf restoran dengan paduan busana kemeja putih berkancing, serta dasi kupu-kupu.

Apron tuksedo dengan setelan kemeja putih, akan menciptakan tampilan seragam pegawai restoran yang rapi, bersih, dan berkelas. Cocok juga untuk penyaji di acara pesta pernikahan, catering, pesta kantor, dan sebagainya.

 

6. Cobbler Apron

Lebih dikenal dengan sebutan lain smock aprons, biasanya celemek ini menawarkan penutup di sisi depan dan belakang.

Terdapat pengikat di bagian samping yang mudah disesuaikan dengan ukuran tubuh si pemakai. Jadi, bisa ditali sesuai keinginan pemakai, apakah ingin memakai celemek lebih longgar atau pas di badan.

Ukuran panjang cobbler apron sebatas pinggang atau pertengahan paha. Biasanya, dipakai untuk chef pastry, pegawai roti, toko kue, dll.

 

7. Celemek/ Apron Pencuci Piring

Celemek ini khusus dirancang dalam desain yang anti air. Selain itu, ukurannya juga lebih panjang, bahkan ada yang hingga sebatas mata kaki.

Tentunya, celemek ini akan sangat membantu bagi staf bagian pencuci piring. Sebab, mereka akan sering terkena cipratan air dan tumpahan noda.

Bahan kain terbuat dari jenis material anti air dan ada pula yang didesain tahan panas atau tahan api.

Celemek ini dapat melindungi pakaian dan kulit agar tidak terkena noda, minyak, atau bahan kimia.

 

8. Celemek/ Apron Sekali Pakai

Macam-macam apron yang terakhir adalah jenis celemek/ apron sekali pakai. Biasanya, dibuat untuk staf yang sering bekerja memotong daging atau pegawai di toko ikan mentah, dan sebagainya.

Desainnya dibuat panjang sebatas lutut dan bisa diikat di bagian leher serta bagian belakang pinggang.

Setelah dipakai, celemek ini bisa langsung dibuang karena bahannya terbuat dari polietilen atau polipropilen tahan air. Setelah selesai dipakai, bisa langsung dibuang.


Mau dapatkan berbagai pilihan apron yang trendy dan fungsional? Cek Brewsuniq https://brewsuniq.com/category/apron sekarang juga untuk produk detailnya, yaa..!