New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Bikin Kopi Enak Tiap Hari, Ini Keunggulan Manual Coffee Grinder

Blog thumbnail

Reader, kamu pecinta kopi atau suka minum kopi untuk mengawali pagi? Meskipun, sudah ada minuman kopi sachet instan. Tapi, bagi para penikmati kopi sejati, menggiling biji kopi favorit akan jauh lebih istimewa rasanya.

Ada sebagian orang yang memilih mesin coffee grinder otomatis karena lebih cepat. Namun, tetap saja banyak orang yang suka menggunakan manual coffee grinder.

Sebenarnya, apa sih daya tarik menggiling kopi secara manual? Bukankah lebih cepat dan praktis, cukup menekan tombol?

Jawaban setiap orang mungkin berbeda-beda! Ada yang pro dan kontra. Dengan asumsi kualitas mesin penggiling kopi yang sama, pada dasarnya ada sejumlah keunggulan yang dimiliki manual coffee grinder.

Coba simak daftarnya di bawah ini, ya!

 

1. Tidak meningkatkan suhu biji kopi.

Oke, teorinya penggiling kopi manual atau menggiling kopi dengan tangan dapat menghasilkan rasa yang lebih baik ketimbang penggiling kopi otomatis. Kenapa begitu? Karena, penggiling kopi manual tidak memanaskan biji kopi selama penggilingan atau tidak meningkatkan suhu biji kopi.

Perlu diingat, ketika berputar dan menggiling biji kopi dengan mesin otomatis berkecepatan tinggi. Maka, gesekan atau perputarannya bisa meningkatkan suhu biji kopi dalam waktu singkat. Hal ini secara teoritis bisa mengubah rasa dasar kopi.

Akan tetapi, walaupun manual coffee grinder secara teoritis menghasilkan rasa kopi yang lebih enak. Jangan salah! Di luar sana banyak restoran dan café yang memakai coffee grinder otomatis, dan perbedaan rasanya hampir tidak terlihat. Yang terpenting adalah hasil gilingan kopi harus segera diseduh dan diminum.

 

2. Harga lebih rendah dan mudah dibawa Bepergian

Bagi yang suka travelling dan lebih suka menggiling kopi sendiri, manual coffee grinder memiliki manfaat yang jelas. Ukurannya kecil, ringkas, dan mudah dibawa kemana-mana atau dimasukkan ke dalam tas. Selain itu, harganya juga lebih terjangkau ketimbang mesin coffee grinder yang otomatis.

Manual Coffee Grinder Silver


Kamu bisa mendapatkan mesin mesin coffee grinder manual di webstore Brewsuniq, dengan seharga Rp 500 ribuan saja. Jelas lebih terjangkau, daripada mesin mesin coffee grinder otomatis yang berukuran lebih besar dan relatif lebih mahal.

3. Tidak berisik.

Mesin mesin coffee grinder manual juga lebih senyap daripada mesin mesin coffee grinder otomatis. Sebab, tidak menggiling biji dengan cepat.

Lebih cocok untuk pemakaian rumah tangga, karena tetap bisa menggiling kopi ketika anak-anak atau pasangan sedang tidur. Sehingga, tidak terlalu berisik.

4. Lebih efisien energi listrik.

Karena tidak membutuhkan energi listrik, pemakaian mesin coffee grinder jauh lebih menghemat anggaran tagihan listrik. Apalagi, jika kamu perlu menggiling biji kopi untuk membuat minuman setiap hari.

Selain itu, kalau kamu sering bepergian seperti mendaki gunung, berkemah, atau bertualang, mesin coffee grinder manual akan sangat berguna. Meski, tanpa listrik, kamu tetap bisa menggiling biji kopi sesuai kebutuhan.

5. Konsistensi Tekstur.

Tekstur yang konsisten sama pentingnya dengan membeli kopi segar. Bubuk kopi harus berukuran sama sehingga bisa cepat larut pada tingkat dan waktu bersamaan.

Lalu, bagaimana kalau bubuk kopi teksturnya tidak sama? Bubuk kopi dengan ukuran yang berbeda akan larut pada tingkat yang berbeda, meninggalkan beberapa ampas yang diekstraksi dan yang lainnya sudah terlarut. Bubuk yang terlalu banyak diekstraksi ini akan menambah rasa asam dan pahit pada kopi. Jadi, kopi akan terasa kurang enak.

Mesin coffee grinder bisa menggiling kopi menjadi partikel berukuran merata untuk memastikan ekstraksi tekstur yang konsisten.

 

Nah, siapa nih yang udah gak sabar pengen menikmati aroma dan lezatnya secangkir kopi yang baru digiling? Silakan boleh langsung belanja Manual Coffee Grinder di webstore Brewsuniq, ya! Tersedia Warna Gold dan Silver ukuran 16.8cm.