New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Kesalahan Table Manner yang Masih Sering Dilakukan, Kamu Termasuk Nggak?

Blog thumbnail

Hello Readers, table manner atau etika di meja makan biasanya berbeda-beda di setiap negara. 

Namun, kebanyakan fungsinya sama. Yaitu agar kamu merasa lebih percaya diri, nyaman dan mudah beradaptasi saat menikmati jamuan makan. 

Meski di luar negeri, atau berada di tengah orang asing, etika yang tepat, akan membuat kamu lebih dihargai dan mudah menyesuaikan diri. 

Terutama, untuk kamu yang sering bertemu klien asing di restoran atau cafe. Maupun, perusahaan yang sering mengundang karyawan untuk gala dinner. Sudah pasti, jamuan makan ini ada etiketnya. 

Sayangnya, tanpa disadari masih banyak orang yang melakukan beberapa kesalahan saat menikmati hidangan. 

Wah, apa saja ya kesalahan-kesalahannya? Bisa jadi, kamu juga pernah melakukan kesalahan ini karena belum mengetahuinya. Coba cek daftar berikut ya, Readers..



Meneguk Minuman dengan Suara Keras

Mungkin, meneguk minuman dengan bersuara keras sudah menjadi kebiasaan di rumah. Tapi, meskipun lumrah dilakukan, bukan berarti boleh diterapkan saat berada di jamuan makan besar ya, Readers.

Sebaiknya, hindari menimbulkan bunyi atau suara keras ketika sedang meneguk minuman. Sikap ini, bisa saja mengganggu orang lain yang berada di satu meja, atau bahkan dianggap tidak sopan. 

Jika masih ada makanan di mulut, habiskan makanan sampai benar-benar tertelan. Baru kemudian, minumlah secara perlahan agar tidak menimbulkan bunyi keras. 


Tidak Mengambil Sendok Cocktail

Dalam penyajian minuman seperti cocktail, umumnya dilengkapi alat pengaduk atau sendok kecil. 

Nah, setelah kamu selesai mengaduk gelas cocktail ini untuk diminum, jangan lupa mengambil alat pengaduk, sendok atau hiasan dekoratif dari gelas.

Tanpa disadari, biasanya banyak orang yang cuek dan langsung meminum cocktail tanpa memindahkan alat pengaduk ini. 

Padahal, dengan cara ini kamu bisa minum gelas cocktail dengan lebih leluasa dan mudah. Selain itu, cara ini juga termasuk menjaga kesopanan di area meja makan. 

Kamu bisa meletakkan pengaduk dan hiasan di atas piring rotimu. Namun, jika kamu sedang berada di pesta cocktail, kamu cukup meletakkan pengaduk dan hiasan di serbet dan buang pada saat yang tepat.


Tidak Memegang Tangkai Gelas


Biasanya, ada beberapa jenis gelas yang dilengkapi dengan tangkai (pegangan) supaya mudah digenggam. 

Selain itu, tangkai gelas juga berfungsi untuk menghindari tangan terkena langsung suhu minuman, baik saat disajikan dingin atau panas. 

Jika kamu disuguhi dengan gelas model tersebut, lebih baik gunakan tangkai gelas untuk menggenggamnya. 

Kecenderungan orang tidak memegang tangkai gelas,melainkan menggenggam badan gelas dan memasukkan empat jari di sela tangkai gelas. 

Cara ini sebaiknya dihindari karena tidak menunjukkan sikap memahami fungsi dari alat yang digunakan.

Terlepas dari apa yang kamu minum, dengan memegang tangkai gelas maka akan mejaga gelas tersebut tetap terlihat bersih.


Tidak Memotong Roti

Beberapa orang yang biasa sarapan dengan roti tawar, cenderung melipat roti tawar atau membuat dua lapisan dan digigit langsung tanpa memotongnya. 

Namun, ketika berada di acara jamuan makan, biasanya dinner rolls disajikan dalam keranjang atau piring roti. 

Apabila rotinya lunak atau empuk, orang cenderung akan langsung mengambil dengan tangan dan menggigitnya tanpa memotong roti tersebut terlebih dahulu. 

Dalam nuansa acara formal, alangkah lebih baik, kalau kamu memotong roti dengan pisau terlebih dahulu, menjadi beberapa bagian yang mudah dilahap. 

Bahkan, kalau harus melapisi dengan mentega kamu bisa menggunakan pisau tersebut. 


Meniupi Sup Panas

Makanan yang panas memang sulit untuk langsung dimasukkan ke mulut. Ketika di rumah, orang bisa bebas meniup makanan supaya bisa langsung dimakan. 

Sup merupakan salah satu hidangan yang sering disajikan dalam kondisi masih panas. Bahkan, dalam beberapa jamuan, sup biasanya dihidangkan sebagai makanan pembuka. 

Saat sup masih panas, hindari kebiasaan meniup sup tersebut ya, Readers. Langkah yang disarankan adalah mengambil sup sedikit demi sedikit dengan sendok. 

Atau setidaknya kamu menunggu hingga sup agak berkurang panasnya. 

***

Gampang kan, Readers! Kini, kamu sudah tahu kesalahan table manner di meja makan yang sering dilakukan. Perlu diingat, dengan menjaga table manner yang sopan, berarti kamu turut merefleksikan kepribadianmu yang beretika.