New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Jenis Tableware dan Glassware yang Biasa Dijumpai di Eropa

Blog thumbnail

Dear Readers, peralatan makan atau tableware sudah menjadi keharusan bagi setiap rumah tangga. Peralatan makan dipakai untuk menyajikan makanan dan mempercantik pengaturan meja.

Di benua Eropa, tepatnya negara Inggris, peralatan makan dikenal sebagai crockery. Tableware bisa dibuat dari bahan keramik, kaca, gerabah, porselen atau keramik, kadang juga plastik. Sedangkan, glassware difungsikan untuk wadah air minum berbagai acara. Sebagian besar glassware, bisa dibuat dari tembaga, kaca, dan stainless.

Tableware dapat dikategorikan dalam empat jenis layanan dasar, antara lain: serveware, dinnerware, flatware, dan drinkware. Sedangkan, glassware dibagi menjadi dua jenis, yaitu stemware dan tumbler.

Jenis Tableware

 

1. Serveware

Sesuai namanya, serveware memang untuk melayani atau menyajikan. Seperti mangkuk, piring makan, piring saus, mangkuk salad, mangkuk desert, casserole, panci sup, tea pot, dan serveware lainnya untuk menyajikan makanan di atas meja.

 

2. Dinnerware

Jenis peralatan makan yang dipakai melayani porsi individu selama jamuan makan. Dinnerware terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari piring dan mangkuk berukuran besar hingga kecil. Yang umumnya terbuat dari keramik.

 

3. Flatware

Flatware termasuk di dalamnya sendok, garpu dan pisau. Itulah sebabnya, flatware juga dikenal sebagai silverware (sendok, garpu, pisau). Flatware dianggap sebagai jenis peralatan makan yang paling utama dengan berbagai ukuran dan bentuk.

4. Drinkware

 

Selanjutnya, drinkware digambarkan sebagai peralatan untuk minum. Mug, cangkir, gelas, termasuk dalam kategori ini. Ada dua jenis glassware, yaitu stemware dan tumbler. Stemware : jenis gelas yang memiliki tangkai di bagian dasar. Contohnya antara lain: gelas martini, gelas wine, gelas snifter/ gelas brandy, gelas champagne, dan sebagainya.

Sedangkan, tumbler adalah gelas dengan bagian bawah rata. Seperti gelas air minum atau gelas belimbing biasa.

Contohnya antara lain:

Collins glass: dipakai untuk menyajikan minuman bersoda dan beralkohol.

Highball glass: mirip seperti Collins glass, namun ukurannya lebih kecil untuk menyajikan cocktail.

Gelas belimbing atau water glass : jenis gelas untuk menyajikan jus atau air minum sehari – hari.

Rock glass / low ball glass : tumbler berukuran pendek yang biasanya dipakai menyajikan whiskey.

Shot glass: gelas ini memiliki ukuran tertentu yang dikonsumsi sekali teguk. Tequilla atau vodka adalah jenis minuman yang kerap disajikan dengan gelas ini.

Wah, ternyata ada banyak peralatan makan dan minum mewah yang ada di pasaran. Terkadang bisa rumit dan membingungkan bagi masyarakat awam untuk memilih.

Untuk memilih tableware dan glassware yang tepat sesuai fungsinya, kamu bisa follow akun @brewsuniq dan dapatkan berbagai penawaran menariknya. Tim kami siap membantumu memiliki peralatan makan dan minum yang tepat dan harga bersahabat.