New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Food Jar untuk Menyimpan Makanan Agar Lebih Awet

Blog thumbnail


Butuh food jar untuk menyimpan camilan, sekaligus mempercantik ruangan? Pastikan Anda memiliki ukuran dan jenis food jar yang sempurna. Inilah mengapa Brewsuniq memberikan panduan untuk membantu Anda menemukan food jar berkualitas terbaik.

 

Sejarah awal food jar untuk menyimpan makanan agar lebih awet.

Di masa lalu, food jar untuk menyimpan makanan sudah dikenal sejak 2030 sebelum masehi. Umumnya, toples atau food jar dipakai untuk menyimpan acar mentimun sebagai lauk pauk. Prosesnya melibatkan buah-buahan dan sayuran segar, yang dicampur garam atau air asam agar tetap awet dan tidak cepat basi.

Air garam atau air asam dapat mencegah perkembangbiakan bakteri jahat. Selain itu, selama proses fermentasi, terdapat sejenis organisme mikroba yang mengubah gula alami menjadi asam laktat dalam makanan sehingga mengawetkan makanan.

 

Memperhitungkan kuantitas/ porsinya.

Colorful Geometric Kitchen Canister Wide


Memilih ukuran toples atau food jar yang sempurna, bergantung pada seberapa banyak jumlah camilan atau makanan yang ingin disimpan. Ada jenis toples untuk bumbu dapur yang berukuran kecil.

Ada juga food jar untuk menyimpan biji-bijian, bahan masakan, kerupuk, bubuk susu, dan banyak lagi. Food jar yang terlalu kecil atau terlalu besar hanya akan sia-sia kalau tidak disesuaikan porsi kebutuhan Anda.


Cross Motif Kitchen Canister



Saat Anda memilih ukuran food jar, perhatikan pula ukuran panjang dan lebar/ diameternya. Apakah terlalu tinggi atau terlalu pendek? Sebab, biasanya toples atau food jar akan ditaruh atau ditempatkan ke dalam rak lemari/ kitchen set.

Di samping itu, toples yang terlalu lebar atau terlalu sempit juga menciptakan kurang efisiensi. Sebagai contoh, food jar dengan tutup yang lebar, lebih disukai untuk menyimpan kerupuk udang, atau makanan yang ukurannya besar. Sehingga, lebih mudah ketika akan mengambilnya.

 

Tetap utamakan kualitas dan bahan.

Emerald Green Kitchen Canister


Pada intinya, food jar atau toples makanan digunakan agar makanan tersimpan secara higienis, aman, dan mempertahankan atau menjaga kualitas cita rasanya. Maka itu, perhatikan bahan material dari wadah makanan Anda.

Pilihan yang tepat adalah memilih food jar dari bahan keramik yang tahan terhadap paparan suhu tinggi. Bahan ceramic atau keramik umumnya memiliki kerapatan partikel yang tinggi. Jadi, bisa menahan tekanan atau panas, serta mencegah bakteri masuk ke dalam wadah.

 

Mengapa harus memilih food jar dengan tutup kedap udara?

Snowflakes Green Food Jar


Bahan makanan apapun pada dasarnya akan tetap terjaga kualitas terbaiknya, kalau tidak terpapar terus-menerus dengan udara. Itulah sebabnya, Anda perlu memilih wadah makanan dengan tutup, agar kedap udara.

Udara bisa membawa banyak mikroorganisme atau bakteri yang sangat kecil, bahkan hanya bisa dilihat di bawah mikroskop. Jika wadah atau makanan tidak kedap udara biasanya, memungkinkan perkembangbiakan mikroba dengan bebas. Sehingga, bisa mengganggu proses kualitas cita rasa dan tekstur makanan.

Ceramic Food Jar White


Bahkan, untuk jenis makanan tertentu seperti acar. Kalau wadahnya tidak kedap udara, proses fermentasi atau terganggu dan acara gagal dibuat. Jadi, selalu pastikan memilih wadah makanan yang memiliki tutup kedap udara dan berbahan material tebal seperti keramik, ya!

 

Pastikan wadah makanan bebas dari retakan atau lubang.

Face Expression White Kitchen Canister


Wadah atau toples bisa dijadikan tempat penyimpanan yang serbaguna. Bisa dijadikan tempat menaruh kopi, teh, susu bubuk, atau lainnya. Akan tetapi, sangat penting untuk memastikan wadah makanan bebas dari retakan atau lubang.

Bahkan, retakan kecil atau sedikit lubang yang tak terlihat, bisa menyebabkan wadah makanan pecah kalau dibuat tempat menaruh makanan/ minuman bersuhu tinggi.

Selain itu, jika dipakai untuk wadah seperti kopi atau gula akan menimbulkan masalah baru. Seperti kopi menjadi kurang harum, atau bahkan gula jadi dikerubuti semut.

Ini berarti semahal apapun bahan makanan Anda, kalau disimpan dalam wadah atau food jar yang salah, akan merusak bahan makanan tersebut. Sebisa mungkin, pilih ukuran wadah makanan yang tepat, berbahan tebal dan berkualitas, serta memiliki desain cantik untuk menghias ruang dapur.

 

Face Expression Blue Kitchen Canister


Bicara tentang wadah makanan atau food jar yang sempurnal, Brewsuniq punya beraneka pilihan food jar yang otentik. Dibuat oleh para pengrajin lokal dengan pengalaman bertahun-tahun, dan nilai artistik tinggi.

Cek webstore Brewsuniq kategori Kitchen Storage and Organizer untuk pilihan selengkapnya. Atau, buka webstore Brewsuniq, lalu ketikkan “Food Jar” di kolom pencarian, untuk mendapatkan beragam pilihan toples dari bahan keramik tebal yang berkualitas.

Jangan lupa, follow, like, dan comment Instagram @brewsuniq untuk update informasi menarik seputar tableware dan tips menarik lainnya.