New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Food Presentation, Seni Menghidangkan Makanan Penambah Selera

Blog thumbnail

 

Pernahkah kamu mendengar ungkapan “people eat with their eyes first? Ungkapan ini sepertinya memang sangat pas buat menggambarkan kebiasaan sebagian besar orang sebelum mencicipi hidangan.

Umumnya, orang akan cenderung lebih tertarik mencoba hidangan yang terlihat cantik dan indah secara visual.

Tapi, sebaliknya, jangankan mencicipi, kalian pasti bakal malas atau ogah menyentuh makanan yang terkesan disajikan “asal-asalan”.

Ini sebabnya, sangat penting bagi restoran atau bisnis kuliner menampilkan food presentation yang cantik.

Penampilan makanan yang terlihat artistik, akan menarik minat customer dan menambah selera makan pengunjung yang akan bersantap.

Selain itu, dengan penyajian yang kreatif, bisnis kuliner akan lebih mudah membentuk brand yang berkarakter atau signature-nya sendiri.

Maka itu, buat kamu yang menekuni bisnis restoran, kafe atau tempat kuliner kekinian, wajib untuk memperhatikan food presentation secara detail yaa..

Yuk, simak beberapa tips – tips yang penting kamu simak dalam food presenting sebagai berikut.

Tablewares Trendy

 

Terkadang, customer menyukai “element of surprise”. Kafe atau restoran kamu akan terlihat lebih unique dan menonjol karena menyajikan makanan di atas piring – piring yang trendy.

Misalnya, piring bertepi gerigi, warna kontras, bahkan talenan kayu atau piring saji yang beda dari yang lain.

Makanan seperti sayuran, hidangan laut (seafood), maupun dessert, juga bakal terlihat lebih eksotis, guys..

Titik Fokus

 

Sama seperti membangun sebuah karya seni, food presentation juga perlu memperhatikan titik fokus atau focal point dari hidangan kamu.

Sebagai contoh, jika hidangan kamu titik fokusnya adalah dessert, maka cake atau pastry harus tampil mendominasi.

Sedangkan, buah-buahan, saus atau garnish hanya elemen pendukung yang menyempurnakan daya tarik utama.

Kalian juga bisa menempatkan sendok atau garpu yang presisi untuk mengarahkan secara halus titik fokus ke arah cake sebagai elemen utama.

 

Bermain Dengan Tekstur

 

Tekstur dan warna kontras makanan bisa menciptakan pengalaman bersantap yang lebih berkesan di mata customer.

Bicara tentang tekstur, kalian bisa memadukan kerenyahan kulit ayam panggang atau udang goreng, dengan tekstur lembut saus creme yang kental berwarna merah menyala.

Tak lupa, tambahan daun seledri bernuansa hijau dipadu kontras warna kuning potongan jeruk lemon.

Kontras dari aneka warna ini sangat efektif untuk menerbitkan selera makan customer seketika. Dijamin deh!

 

Pengaturan Ketinggian

 

Membuat hidangan dengan bagian tertentu yang lebih tinggi, juga membantu mengarahkan titik fokus mata customer ke arah menu atau olahan utama.

Secara umum, hal ini bisa dilakukan dengan menumpuk sayuran atau elemen utama untuk mencapai ketinggian tertentu yang diinginkan dan berdampak visual yang atraktif di atas piring.

Kalian bisa menggunakan mousse ring untuk membuat ketinggian yang sempurna sesuai keinginan.

 

Warna

 

Jangan ragu bermain dengan warna hidangan, karena hal ini bisa langsung memberikan efek pengalaman indrawi yang spektakuler buat customer.

Perpaduan antara warna makanan aksen cerah di atas piring nuansa netral, akan menciptakan kontras yang terlihat fantastis.

Piring kalian akan terlihat lebih semarak dan hidup. Bila perlu, gunakan bahan – bahan yang berwarna kontras seperti warna paprika kuning, paprika merah, atau oranye dari wortel.

Hindari kombinasi warna coklat tua dan hijau karena berefek menyerap cahaya, sehingga terlihat kurang eye-catchy. Kamu pasti tak mau customer kamu kecewa saat mengunggahnya di Instagram, kan?

 

Angka Ganjil

 

Terkesan remeh sih, namun teknik sederhana ini efektif dalam food presentation yang epik lho!

Angka ganjil bisa menciptakan daya tarik visual ketimbang layer dalam angka genap.

Contohnya saja seperti susunan tiga, lima atau tujuh, akan tampak lebih menawan dari segi gaya visual. Baik itu untuk penyajian udang, sayuran, kerang, ravioli atau pancake dan menu lainnya. 

***

Nah, itu dia guys, beberapa tips sederhana namun efektif menciptakan food presentation yang artsy. Ikuti terus tips menarik kami lainnya ya.. atau follow @brewsuniq dan dapatkan info terupdate untuk inspirasimu.