New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Etika Menikmati Finger Food Secara Elegan

Blog thumbnail

Beberapa makanan dapat dimakan dengan cara memasukkan makanan ke mulut tanpa sendok atau garpu. Cara ini disebut dengan istilah finger food.

Di Indonesia, istilah finger food sendiri justru lebih dekat terhadap segala jenis makanan yang mudah dipegang dan dikonsumsi. Kalian cukup memegang makanan dan langsung melahapnya tanpa memakai alat seperti sendok, garpu, dan lain sebagainya.

Dalam sebuah pesta atau pertemuan formal, seringkali kalian disuguhi makanan yang harus dimakan langsung tanpa sendok atau garpu. Begitu pula beberapa restoran ada yang menerapkan hal yang sama, yaitu finger food.

Bagi orang Indonesia, tentu saja makan dengan tangan bukanlah hal yang sulit. Tetapi, ketika finger food ini harus diterapkan di sebuah pesta, pertemuan formal, atau restoran, tentu saja harus memperhatikan etika finger food yang benar.

Kalian harus mampu melakukannya dan menikmati finger food tanpa kehilangan kesantunan dan tetap memperhatikan cara yang elegan.

Etika makan dengan finger food sangat berkaitan dengan jenis makanan yang tersedia. Setiap jenis makanan akan menerapkan aturan yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa tips etika finger food dan cara melakukannya secara elegan yang bisa kalian ikuti. Yuk, simak!


Buah

Buah baik yang dipotong atau tidak dipotong secara umum dimakan langsung dengan memasukkan makanan tersebut ke dalam mulut dengan tangan.

Untuk buah yang diiris kecil-kecil, perhatikan cara pengambilannya adalah dengan mengambil potongan buah tersebut dengan tusuk gigi atau garpu, kemudian dimasukkan ke dalam piring kecil yang tersedia.

Langkah selanjutnya adalah mengambil makanan dari piring tersebut, kemudian memakannya dengan finger food.


Keju

Sama halnya dengan buah, keju harus dipindahkan terlebih dahulu ke piring kecil, kemudian Anda dapat memakannya dengan finger food setelah keju berada di piring Anda.


Keripik

Keripik sudah pasti makanan yang hanya bisa dimakan dengan finger food. Karena jika menggunakan garpu, sendok, atau pisau tentu akan hancur.

Etika yang harus Anda perhatikan adalah menempatkan saus pada piring khusus yang tersedia. Pastikan bahwa Anda hanya mencelupkan sekali keripik ke dalam saus sekali saja. 


Jagung Rebus dan Jagung Bakar

Jagung rebus dan jagung bakar merupakan makanan yang tidak memerlukan sendok atau garpu untuk memakannya. Finger food sudah tentu sangat melekat pada makanan jenis ini.

Etika yang harus Anda lakukan adalah makan dengan perlahan sehingga biji jagung tidak melekat di sekitar mulut Anda. Selain itu, disarankan agar Anda tidak menggunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan biji jagung.


Kentang Goreng (Cripsy)

Kentang goreng atau kentang crispy merupakan makanan cepat saji yang sangat nikmat jika disajikan dengan saus atau sambal. Sama halnya dengan keripik, maka siapkan wadah khusus untuk saus dan pastikan hanya sekali mencelupkan kentang crispy ke saus tersebut.


Udang Goreng

Udang goreng juga biasanya disajikan dengan saus. Cara yang harus Anda lakukan adalah pegang ujung ekor udang, celupkan udang ke dalam saus dan makan sebisanya. Setelah itu, buang bagian udang yang tidak dimakan pada tempat khusus yang telah disediakan. 


Pizza

Untuk makan pizza dengan finger food, pastikan terlebih dahulu ukuran potongan pizza. Jika ukuran pizza tampak besar, sebaiknya gunakan garpu dan pisau untuk membuat potongan menjadi lebih kecil. Selanjutnya , kalian bisa memasukkan makanan ke mulut dengan tangan langsung. 


Makan dengan cara finger food akan membuat kalian merasa lebih nyaman, menyenangkan, dan semakin menjalin kekerabatan. Nah, yuk perhatikan dengan benar etika menikmati makanan jari alias finger food ya, guys.