New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Dinner Party Food Presentation, Membangun Kelezatan Secara Artistik

Blog thumbnail

Tidak peduli betapa pun enaknya makanan, ketika dihidangkan secara asal-asalan atau tidak sedap dipandang mata, pasti kamu juga kurang tertarik mengambilnya, kan?

Ternyata, menurut Greg Vernick, chef owner Vernick Food & Drink, di Philadelphia, USA, “membangun kelezatan” adalah prioritas utama bagi seorang chef.

Jadi, tidak hanya lezat, makanan juga harus ditata agar terlihat cantik, elegan, dan menarik di atas piring indah.

Nah, berikut adalah beberapa teknik klasik sederhana untuk meningkatkan food presentation dan menciptakan kreasi makanan di rumah. Agar terlihat seperti buatan chef profesional di atas piring saji. Simak yuk!

Tambahkan unsur hijau

Tidak ada warna yang lebih baik dalam menyampaikan “pesan lezat” kepada pelanggan selain warna hijau. Namun, sayangnya banyak chef atau koki yang umumnya lupa menyoroti hal ini.

Keindahan warna hijau sayuran bisa saja berkurang karena direbus air terlalu lama. Sehingga warna sayuran cenderung berubah gelap atau kecoklatan.

Nah, untuk menciptakan warna hijau yang lebih segar dan cantik, kamu bisa merendam sayur di air es lalu merebus dalam kurun waktu kurang dari 1-2 menit. Dengan cara ini, warna hijau sayuran dapat dipertahankan tampak lebih segar dan menggoda.

Rempah segar

Sama seperti konsep warna hijau di atas, jangan ragu menambahkan daun herbal hijau yang masih segar di atas piring saji. Herbal kering memang kadang memiliki beberapa aplikasi kuliner yang baik, akan tetapi dari segi visual tidak terlalu menarik untuk dilihat.

Jika kamu ingin menonjolkan food presentation yang mengesankan, maka pastikan kamu hanya menampilkan herbal atau daun rempah yang segar ya...

Pergilah ke pasar tradisional atau pasar modern untuk mencari daun rempah yang ingin kamu jadikan bahan. Lalu, mainkan warna-warni cerah daun herbal sesuai kreasimu.

Komposisi yang indah

Saat menyusun piring, komposisi yang tepat adalah kuncinya. Sebagai contoh, ketika kamu ingin mengadakan dinner party dengan sajian: daging, sayur dan karbohidrat seperti seperti purée, polenta, atau nasi.

Kamu harus memastikan bahwa daging dimasak dengan baik sebelum dipotong. Jadi, kamu bisa mendapatkan warna daging yang tampak cerah dipadu warna hijau sayuran. Kemudian, susun satu porsi daging, serta sayuran di bagian atas atau di sampingnya.

Ruang negatif

Perlu diingat, membangun kelezatan di atas piring, bukan berarti hanya menumpuk makanan semata.

Cobalah memanfaatkan ruang negatif sebagai pendekatan artistik. Apa itu ruang negatif? Ini adalah penggunaan secara sengaja dengan menempatkan ruang kosong di antara elemen yang berbeda di atas piring.

Jadi, jangan hanya menumpuk makanan, tetapi susunlah agar lebih menarik. Ruang negatif ini akan membuat makanan terlihat lebih bersih, lebih segar dan ada sedikit unsur dramatis. Food presentation kamu bakal semakin keren!

Gunakan bagian belakang sendok, untuk menyendok satu atau dua sendok saus di satu sisi piring. Kemudian, atur elemen pendukung lainnya yang berwarna kontras agar makanan di atas piring tampak kian cantik. Have a nice food presentation, guys!