New Glassware Dinnerware Set Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Aesthetic Woodenware Must Have Cooking Tools

Tips Deep Frying Agar Gorengan Makin Krispy

Blog thumbnail


Ngaku nih Reader, siapa yang suka ayam goreng krispy atau french fries? Rasanya yang gurih dan renyah memang sulit ditolak lidah, ya!

Nah, kalau suka gorengan yang garing, kamu mungkin sering mendengar istilah deep frying atau deep fry.

Deep fry biasanya digunakan untuk mendapatkan hasil makanan yang kering dan renyah. Makanan yang terendam minyak panas, akan menjadi lebih kriuk.. kriukk.. karena terpapar suhu tinggi secara merata.

Mari baca lebih lanjut tentang apa itu deep fry dan gimana sih caranya biar gorengan bisa makin kress.. kress.. menggoyang lidah?

Apa aja makanan yang bisa digoreng deep fry?

Ada banyak jenis makanan yang bisa digoreng secara deep fry. Dari aspek kuliner, umumnya makanan yang memiliki jaringan ikat.

Contohnya seperti: semua jenis makanan laut, unggas yang masih muda, sayuran, buah-buahan, daging merah, roti tertentu, dan lainnya.

Uniknya, makanan yang akan digoreng deep fry perlu dibaluri dengan lapisan tertentu. Umumnya adalah berupa adonan tepung, baik lapisan adonan basah, maupun adonan kering.

Para chef akan membuat adonan yang tebal untuk melapisi makanan yang digoreng. Misalnya, membaluri ayam goreng dengan adonan tepung agar makanan lebih renyah dan enak disantap.

Lapisan tepung ini dibuat tebal agar mempertahankan kelembaban daging ayam yang juicy, namun tetap renyah dan garing di luar.

Tips Menggoreng dengan Cara Deep Frying

 

1.   Gunakan chips basket.

Pakai chips basket untuk menampung makanan yang sudah dilapisi tepung roti. Usahakan agar tidak saling menempel saat digoreng.

2.   Metode double chips basket.

Kalau jenis makanan yang digoreng cenderung mengambang atau mengapung. Maka, bisa memakai metode double basket agar makanan bisa matang merata.

Dengan double basket, nantinya makanan bisa terendam keseluruhan di dalam minyak panas. Caranya, taruh chips basket lain di atasnya. Sehingga, makanan tidak mengapung atau mengambang di atas minyak.

3.   Pakai saringan minyak.

Saringan minyak biasa dipakai di dapur sehari-hari untuk meniriskan gorengan atau mie instan. Metode ini dipakai untuk menggoreng makanan yang cenderung gampang lengket atau saling menempel.

Makanan yang sudah matang, bisa diangkat satu per satu dari minyak jika sudah kecoklatan atau matang.

 

Memilih minyak untuk menggoreng deep fry.

 

Agar makanan yang digoreng makin kriuk.. kriukk.. bikin nagih, Anda juga perlu memilih minyak goreng berkualitas. Disarankan, untuk memilih minyak yang gak mudah gosong atau titik asap pada 300 derajat Fahrenheit atau sekitar 148-190 derajat Celcius.

Kalau minyak goreng sudah hitam, berasap, berbusa, atau berbuih, harus segera diganti. Minyak goreng yang murah bukan berarti hemat! Sebaliknya, kadang justru minyak yang mungkin harganya agak mahal, tetapi malah bisa dipakai berkali-kali sehingga lebih hemat uang belanja.

 

Memilih Alat Penggorengan atau Deep Fryer.

Nah, jika Anda memiliki usaha kuliner atau bisnis restoran, memilih alat deep fryer yang tepat juga menjadi investasi penting. Misalnya, deep fryer harus mempunyai fitur yang bisa kembali ke suhu semula dengan cepat.

Sebab, kalau waktu kembali ke suhu semula setelah menggoreng makanan butuh waktu lama, tentunya akan memperpanjang waktu tunggu atau antrian pembeli.

 

Mendukung hobi memasak atau bisnis kuliner Anda, Brewsuniq punya koleksi terbaru terbaru kategori Snack Basket atau Chip Basket. Menggoreng makanan secara deep fry jadi lebih mudah, praktis, dan cepat.

CHIPS BASKETS ROSE GOLD 12.2cm x 9.7cm

CHIPS BASKETS YELLOW GOLD ROUND 8.7cm

CHIPS BASKETS ROSE GOLD 13cm x 25cm

 

Ada beberapa varian model dan warna, ya! Yuk, langsung cek webstore Brewsuniq.com untuk pilihan produknya.