New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Brand Identity: Bagaimana Agar Nama Bar, Restoran, & Cafe Makin Populer?

Blog thumbnail

Hai Reader, di industri kuliner seperti restoran, bar, atau cafe, kalian pasti setuju kalau identitas brand salah satu faktor terpenting.

Brand bisa menjadi perwakilan wajah atau gambaran nilai perusahaan dan produk yang dipasarkan.

Ini artinya, setiap brand perusahaan harus memiliki karakteristik yang tiada duanya dengan kompetitor.

Dengan begitu, brand restoran, bar, atau cafe milikmu akan tampil beda dari perusahaan kompetitor lainnya dan akan lebih mudah diingat oleh pelanggan. 

Gak cuma itu, setelah nama brand melekat dan dekat dengan pelanggan, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar nama bar, restoran, atau cafe yang kamu miliki makin populer.


1. Perjelas Tujuan atau Misi

Dari semua bidang bisnis, tujuan atau misi yang jelas adalah 100% syarat mutlak untuk mengenalkan brand. Tujuan yang jelas akan mempertahankan merek agar tetap kuat menghadapi persaingan.

Selanjutnya, komunikasikan misi atau tujuan tersebut pada manajemen, staf, dan pelanggan agar semakin kenal dan ingat dengan brandmu. 

Dalam tahap ini, kamu bisa melakukan secara bertahap dengan menampilkan nama dan logo sesering mungkin, baik secara online maupun offline. Pastikan juga kamu sudah mematenkan logo untuk bisnismu.


2. Positioning

Kamu harus mampu memposisikan restoran, bar, atau kafe dengan benar. Branding restoran, kafe, atau bar memang tidak mudah dan tidak cukup sekadar berpromosi di media cetak, elektronik dan online.

Nama restoran yang baik harus dimulai dengan membangun citra dan reputasi sehingga membuahkan relasi dan akan dikenal lebih luas oleh audience.

Pastikan kamu bisa memposisikan restoran, bar, atau kafe terkait dengan konsep, target pengunjung, kelas, harga yang ditawarkan, lokasi, dan keistimewaan bisnismu.


3. Memahami Keinginan Pelanggan

Di kota besar, secara umum para pelanggan yang pergi ke cafe, bar, atau restoran untuk berbagai alasan. Misalnya pertemuan bisnis, fungsi sosial, istirahat makan siang, perayaan, bahkan pesta.

Untuk itu, kamu harus membuat suasana bar, kafe, atau restoran sebaik mungkin agar setiap kebutuhan dari para pelanggan bisa terpenuhi.

Sediakan fasilitas yang mendukung untuk beberapa keperluan di atas. Selain itu, jangan lupa untuk mempertahankan citra rasa dari menu yang ditawarkan.


4. Digital Marketing

Bisa dibilang, bisnis yang tidak mau mengikuti trend digital marketing saat ini akan sangat tertinggal. Maka dari itu, sudah sepatutnya sebagai pemilik restoran, bar, atau cafe untuk terjun ke bidang ini pula.

Banyak cara digital marketing yang bisa kamu pilih, misalnya website, media sosial, influencer, e-commerce, dan lain sebagainya.

Digital marketing tidak akan lengkap tanpa membangun relasi dengan ojek online yang bisa kamu manfaatkan untuk antar jemput order, sekaligus memperjelas brand secara lebih luas.

Pastikan nama dan logo restoran, cafe, atau bar sudah jelas dan menonjol saat menggunakan strategi digital marketing.


5. Buat Promo Menarik

Sebuah bisnis tidak bisa terlepas dari promosi untuk memperkenalkan brand. Banyak jenis promosi yang bisa kamu lakukan, misalnya dengan memberi diskon, buy 2 get 1, promo paket, atau gratis ongkos kirim untuk minimal order tertentu.

Promosi saat ini mudah dilakukan dan mudah dikenalkan melalui digital marketing. 


6. Fasilitas dan Layanan Berbeda

Kamu harus melakukan riset terlebih dahulu terhadap brand kompetitor. Perhatikan cara kompetitor melayani pelanggan dan fasilitas yang digunakan.

Selanjutnya, kamu mulai mencari cara untuk memberikan pelayanan yang berbeda namun jauh lebih baik. Selain itu, kamu juga perlu menyediakan fasilitas yang berbeda namun jauh lebih baik dan dapat menonjolkan brand. 


Itulah strategi yang bisa kamu lakukan untuk membuat nama restoran, bar, atau cafe menjadi lebih populer. Jangan lupa sempurnakan dekorasi dan fasilitas di meja restoran, bar, atau cafe bisnismu dengan pilihan produk-produk bar & cafe utility berkualitas hanya dari Brewsuniq yaa... Good day!