New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Mau Beli Talenan Kayu Berkualitas? Hal-hal Inilah yang Perlu Dicari

Blog thumbnail

Seperti yang Anda tahu, dapur adalah tempat yang sibuk dengan kegiatan memotong, mengiris, mencincang, serta mengolah berbagai macam sayuran untuk makanan keluarga.

Untuk itu, penting bagi kita mengetahui cara penyajian makanan agar semuanya tetap terlihat bersih, rapi, dan terorganisir.

Di antara berbagai jenis peralatan dan elemen dapur yang bisa membantu kita menjaga semuanya tetap bersih dan rapi adalah talenan kayu atau papan potong.

Inilah sebabnya, memiliki talenan sayuran yang tepat akan membuat dapur selalu tampak bersih dan rapi ketika menyajikan hidangan lezat.

 

Talenan plastik atau kayu, manakah yang bagus?

Tapi bagaimana Anda tahu talenan mana yang terbaik untuk dapur? Mari kita simak beberapa langkah mudah di bawah ini:

1. Material yang dipilih

 


Teak Wooden Serving Board W Handle 42 x 23cm

 

Meskipun di pasaran saat ini ada talenan plastik yang mudah diperoleh, Anda sebaiknya mempertimbangkan nilai jangka panjang. Berinvestasi pada talenan kayu yang berkualitas dan tebal akan membuat pemakaian lebih bertahan lama. Selain itu, aktivitas memotong dan mengiris akan jauh lebih higienis!

2. Talenan kayu alami

Teak Wooden Serving Board W Handle 40.5 x 16.2cm

 

Talenan kayu lebih direkomendasikan karena terbuat dari struktur alami yang padat, kokoh, dan tebal. Pemakaian lebih awet dalam waktu lama sampai bertahun-tahun.

Selain itu, kayu juga dapat berfungsi sebagai isolator atau tidak menghantarkan suhu panas sehingga memotong bahan masakan yang panas pun tidak masalah.

Lebih lanjut lagi, talenan kayu dapat mengurangi perkembangbiakan bakteri asalkan selalu dicuci bersih dan dikeringkan.

Kemudian, simpan dengan cara berdiri agar mengurangi kadar air dan mencegah munculnya kelembaban atau jamur.

 

Pertimbangan memilih cutting board atau talenan

Teak Wooden Serving Board 35 x 19cm

 

Ada beberapa pilihan talenan yang tersedia di pasar; berbagai bahan, ukuran, dan bentuk. Mulai dari talenan kayu bergaya vintage hingga talenan sayuran terbuat dari plastik, atau bahkan talenan bambu, pilihannya sangat banyak.

Agar tak bingung, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

 

Jika Anda adalah tipe orang yang hanya memasak sesekali atau jarang memasak, talenan sederhana yang ringan mungkin sudah lebih dari cukup untuk memotong bahan makanan dan menjaga dapur tetap bersih.

Akan tetapi, bagi Anda yang sering mengadakan pertemuan besar, pesta, perjamuan, arisan keluarga, dan sebagainya, talenan kayu berkualitas dari kayu jati atau kayu mahoni akan sangat berguna.

Anda juga perlu mempertimbangkan jenis resep yang biasanya Anda buat di dapur. Sebagai contoh, ada beberapa resep masakan yang memerlukan talenan kokoh. Akan tetapi, resep yang sederhana mungkin hanya perlu talenan minimalis.

Terakhir, tetapkan anggaran. Putuskan sebelumnya seberapa banyak uang yang akan Anda keluarkan untuk membayar talenan.

 

FAQ seputar pemakaian talenan

Mari kita masuk sedikit lebih dalam untuk menentukan talenan mana yang terbaik untuk dapur Anda. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Apakah talenan plastik higienis?

Talenan plastik sangat mudah didapat di pasaran dengan harga terjangkau. Tetapi apakah talenan plastik sepadan dengan harganya? Menurut sebagian besar penelitian melaporkan bahwa bakteri bisa mudah berkembang biak di antara sela – sela alur kecil atau guratan-guratan yang dibuat oleh pisau di permukaan plastik.

Apakah perlu talenan khusus memotong sayuran dan daging?

Teak Round Pizza Server 24 x 34cm

 

Secara singkat, jawabannya adalah iya. Kita perlu membedakan talenan untuk memotong daging dan sayuran. Hal ini penting untuk menjaga kebersihan dan higienitas makanan di dapur.

Berapa lama harus mengganti talenan?

Teak Wooden Large Serving Board Rectangular 27.6 x 17cm

 

Talenan plastik sebaiknya diganti setiap 3-6 bulan sekali. Sedangkan, untuk talenan kayu bisa bertahan jauh lebih lama hingga di atas 1 tahun. Selain itu, talenan kayu dapat melindungi pisau agar tidak cepat tumpul dan terlihat lebih estetis.

 

Setelah Anda memiliki jawaban untuk semua pertanyaan tersebut dan telah mempertimbangkan berbagai faktor, Anda akan tahu jenis talenan apa yang cocok untuk dapur Anda. Jangan lupa, kunjungi webstore Brewsuniq untuk bermacam produk talenan kayu berkualitas untuk penyajian makanan maupun membuat tugas memasak lebih praktis dan mudah.