New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Beda Bentuk, Beda Fungsinya! Mengenal Serbaneka Pisau khas Jepang

Blog thumbnail

Readers, bila dilihat-lihat, sekilas pisau dapur ala Jepang terlihat sama saja dengan pisau pada umumnya, ya?

Padahal, jika diteliti lebih dalam, pisau dapur dari Jepang akan tampak lebih tipis dan tajam dibandingkan pisau dapur ala Western.

Tidak aneh sih, karena biasanya pisau Jepang sering dipakai untuk mengiris sayuran, ikan dan bahan-bahan lain yang membutuhkan presisi agar tetap lezat dan sedap dipandang.

Siapa pun yang tertarik mengolah masakan Jepang, pasti paham ada perbedaan mendasar antara pisau dapur Jepang dan pisau dapur Jerman (Eropa).

 

Sejarah Pisau Dapur ala Jepang

Awalnya, pisau dapur Jepang dibuat sebagai pengembangan Katana. Yaitu, model pedang panjang untuk Samurai.

Pada abad ke-14, Jepang mematahkan isolasi perdagangannya dan mulai berhubungan dengan China. Sehingga pada 1850-an, perdagangan senjata sampai ke negara-negara Barat.

Pasca Perang Dunia II, Jenderal Amerika Serikat, MacArthur melarang Katana di Jepang. Untuk itu, para pengrajin dan ahli pedang mengubah dalam bentuk pisau dapur yang indah dan berkualitas.

 

Pisau Dapur Masa Kini

Di masa kini, ada banyak sekali model pisau Jepang yang berbeda-beda fungsinya. Berikut adalah beberapa jenis pisau dapur Jepang yang paling umum dijumpai.


Gyutou

Biasa dipakai para chef di restoran barat. Bisa dipakai memotong daging, ikan dan sayuran. Gyutou bermata tipis dan klasik dengan ukuran yang lebar dan serbaguna.

 

Deba

Deba biasanya didesain untuk memotong ikan utuh. Salah satu jenis pisau Jepang yang umum dijumpai di toko daging, pasar ikan, dan rumah tangga. Deba ini hampir mirip seperti golok namun, mata pisaunya tipis sehingga cocok dipakai mengiris daging ikan dengan sempurna.

 

Usuba

Usuba dipakai untuk mengiris sayuran. Bilah mata pisau sangat tipis dan tajam agar bisa memotong sempurna tanpa merusak tekstur sayuran maupun mengubah cita rasanya. Pisau Usuba asli berasal dari daerah Kanto. Tetapi, ada juga Usuba Kamagata.

Pisau Usuba Kamagata berasal dari Kansai dengan ujung lebih runcing agar bisa menciptakan seni ukiran dekoratif.

 

Yanagi

Pisau Yanagi berasal dari wilayah Kansai untuk memotong fillet ikan tanpa tulang menjadi irisan yang tipis. Ujungnya runcing seperti pisau Usuba.

Ketajaman pisau Yanagi, memudahkan dalam memotong daging ikan dengan tetap mempertahankan tekstur dan rasa bahan.

 

Takobiki

Takobiki adalah gaya lain dari yanagi. Sedikit tumpul, ujung persegi, dan paling cocok untuk memotong belut dan gurita. Takobiki dalam bahasa Jepang berarti “pemotong gurita”.

 

Kiritsuke

Bisa dibilang, pisau ini merupakan kombinasi antara Yanagi dan Usuba. Pisau Kiritsuke sering dipakai oleh chef eksekutif karena membutuhkan teknik yang sedikit rumit dalam pemakaiannya. Pisau Kiritsuke juga menjadi simbol status senioritas dalam dunia kuliner.

 

Menkiri

Pisau Menkiri yang unik, difungsikan untuk memotong mie. Pisaunya lebar berbentuk persegi panjang yang bisa membantu dalam mengiris mie. Sehingga citarasanya tetap kenyal, enak dan lembut, tanpa menghancurkan tekstur mienya.

 

Sushikiri

Terakhir, sushikiri adalah pisau pemotong sushi. Fungsinya mirip dengan pisau Menkiri, sushikiri membantu memotong gulungan sushi tanpa menghancurkannya.

Pisau Sushikiri memiliki bilah melengkung yang dimaksudkan agar mudah digunakan dalam gerakan memutar.

Nah readers, ternyata ada banyak jenis pisau dapur khas Jepang, yang sekarang kamu tahu, bukan? Jangan lewatkan artikel – artikel informatif lainnya dari @brewsuniq ya.. .