New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Beda Seragam, Beda Perannya! Ini Perbedaan Seragam Chef yang Belum Kamu Tahu

Blog thumbnail


Profesi chef di era milenial cukup banyak diminati. Bahkan, banyak acara reality show di televisi yang menampilkan celebrity chef terkemuka dengan keahlian memasak yang mumpuni.

Chef profesional membuat makanan bercita rasa tinggi, dengan tampilan memikat dan proses memasak yang mengesankan. Ternyata, untuk menghasilkan makanan yang spesial, profesi ini juga dihadapkan pada berbagai faktor menantang.

Antara lain, risiko terkena suhu panas dari peralatan memasak seperti kompor, oven, cipratan minyak panas, dan sebagainya.

Dengan segala tantangan yang dihadapi, chef memerlukan alat yang menambah kenyamanan saat bekerja yaitu seragam chef dengan segala atributnya. 

Selain faktor keselamatan, seragam chef juga menjaga higienitas makanan serta keamanan para chef dan kru dapur lainnya.

Nah Reader, buat kamu yang pengen jadi chef atau sedang merintis bisnis restoran, coba deh perhatikan beberapa jenis perbedaan seragam chef dan kegunaannya berikut ya..



Hat Cook (Topi Koki)

Topi koki biasanya didesain terlihat tinggi bertujuan untuk menyerap keringat yang ada di dahi dan menciptakan sirkulasi udara di kepala agar tidak mudah gerah maupun berkeringat.

Topi ini juga merupakan simbol khas sebagai seorang chef dan pembeda dengan tingkat chef lainnya.

Namun, tidak semua hat cook didesain tinggi, ada yang didesain menyerupai kopiah dan ada juga yang membulat bagian atasnya.

Kamu bisa mendapatkan beragam pilihan hat cook berkualitas di link headwear dari Brewsuniq.com yaa..!


Celemek (Apron)

Celemek atau apron sangat bermanfaat sebagai pelindung dari cipratan kotoran minyak, bumbu, dan cipratan bahan makanan lain saat sedang memasak. 

Beberapa jenis apron juga sudah didesain dengan dua fungsi, yaitu sebagai lap untuk kotoran yang melekat pada piring atau tempat makanan.

Apron juga bisa membuat penampilan para chef menjadi lebih menarik dan membedakan profesinya dari profesi yang lain.

Desain apron saat ini sudah sangat beragam, cek ragam pilihannya di sini, readers--> https://brewsuniq.com/category/apron.


Jaket 

Dalam istilah chef, coat atau jaket biasanya disebut dengan Double Breasted Jacket. Seragam chef yang satu ini didesain sangat khas dan terbuat dari bahan kain katun yang tebal.

Jaket ini sangat berguna untuk melindungi chef dari hal yang tidak diinginkan dari tumpahan makanan yang panas dan sengatan alat masak yang panas.

Coat chef didesain dengan berlapis, berlengan panjang, dan kancing yang khas berwarna kontras dan dominan seperti putih atau merah.

Untuk desain terbaru, saat ini jaket chef dilengkapi dengan syal (necktie) untuk menyerap keringat di bagian leher. Eitss.. jangan salah, Brewsuniq juga punya banyak produk jaket chef eksklusif, lho! Yuk cek di link https://brewsuniq.com/category/coat


Celana Chef (Trousers)

Celana Chef terbuat dari kain katun yang tebal untuk melindungi dari resiko tumpahan masakan, terutama bahan masakan yang panas seperti minyak dan lain sebagainya. Celana Chef didesain berupa celana panjang dan memiliki warna yang sama dengan baju chef.


Sepatu Chef (Safety Shoes)

Walaupun saat memasak secara umum orang tidak melakukannya dengan memakai sepatu, namun bagi orang yang berprofesi sebagai chef atau koki wajib menggunakan safety shoes.

Sepatu ini terbuat dari bahan karet yang tebal sehingga berguna sebagai landasan kaki agar tidak mudah terpeleset atau tergelincir.

Selain itu, sepatu ini berguna untuk melindungi kaki dari tertimpa atau terkena benda suhu panas maupun benda berat yang terjatuh.


Itulah beberapa seragam chef yang dengan berbagai macam fungsinya. Temukan seragam chef dan peralatan esensial untuk bisnis restoran, cafe, bar atau usaha kuliner kamu hanya di Brewsuniq.