New Glassware Shop in Series House Organizer Dining Chair < 1jt New Mug for You Must Have Baking Tools Bar Essentials Must Have Cooking Tools Dinnerware Set

Ada 6 Jenis Piring Makan, Yuk Cari Tahu Masing-Masing Kegunaannya

Blog thumbnail

Readers, saat kalian menghadiri acara dinner formal, khususnya di restoran, biasanya ada banyak jenis alat makan, termasuk piring, kan?

Penting untuk menyadari rupanya ada berbagai jenis dan fungsi sebuah piring. Jika kalian memahaminya, tentunya bakal memperlihatkan table manner yang lebih baik dan mencegah rasa malu saat bersantap dengan mitra bisnis atau bahkan, calon mertua mungkin. Hehe..

Ada cukup banyak jenis hidangan atau set alat makan yang biasa digunakan untuk menyajikan makanan. Yuk, simak 6 jenis piring makan yang punya kegunaan masing-masing di bawah ini ya!


Dinner Plate



Readers, yang pertama adalah jenis piring yang digunakan untuk menu makanan utama. Piring makan rata-rata berukuran 11 atau 12 inci dan menjadi piring yang paling sering digunakan selama makan.

Biasanya piring ini akan dikeluarkan setelah salad saat fine dining. Selain itu, banyak juga yang memilih untuk menggunakan piring yang sama untuk makan siang dan makan malam.


Dessert Plate

Nah, kalau yang satu ini, kalian sering menjumpai pada jamuan formal dan informal. Fungsi piring ini cukup beragam, mulai dari tempat camilan, makanan pembuka, dan makanan penutup.

Ukurannya lebih kecil dibandingkan piring untuk makan, dengan hanya berdiameter sekitar 18 cm. Namun, sering juga digunakan di pesta-pesta, seperti pernikahan atau meeting.


Bread and Butter Plate

Just info, BnB atau singkatan dari bread (roti) dan butter (mentega) adalah hal yang lumrah untuk sarapan ala Western. Makanya, juga ada piring tersendiri yang difungsikan untuk roti dan mentega.

Piring BnB, adalah piring yang digunakan untuk meletakkan roti dan mentega yang juga dikenal sebagai seperempat piring atau pelat samping. Ini karena biasanya diletakkan di sebelah garpu. Piring BnB berbentuk bulat seperti piring pada umumnya, namun memiliki ukuran yang lebih kecil sekitar 15 cm.


Soup Plate/Bowl

Piring sup memiliki bentuk yang berbeda dari jenis hidangan lainnya. Sebab, digunakan untuk menampung makanan berair seperti sup. Bentuknya mengikuti fungsi utama sebagai wadah sup.

Bagian tengah piring memiliki lengkungan seperti mangkuk. Namun, ada perbedaan antara jenis piring sup untuk makanan formal dan makanan informal. Untuk makan malam formal, piring sup biasanya lebih pendek.


Salad Bowl

Sesuai namanya, piring untuk menyajikan salad ini juga tersedia dalam beberapa pilihan. Akan tetapi, piring salad sendiri memiliki bentuk bulat dengan dua jenis ukuran berbeda. Tipe pertama dengan ukuran yang lebih besar sekitar 22 cm, dan tipe kedua berukuran lebih kecil yaitu sekitar 20 cm.

Tak sedikit yang kebingungan saat dihadapkan dengan berbagai jenis piring di atas meja makan, terutama saat baru pertama kali melakukan fine dining atau makan malam formal.

Kalian nggak perlu khawatir atau bingung saat membedakan jenis piring untuk salad dan hidangan biasa. Coba saja perhatikan ukurannya! Perlu diingat ya, Readers, piring salad itu ukuran lebih besar daripada jenis bread and butter plate.


Appetizer Plate

Terakhir, ada piring khusus untuk hidangan pembuka adalah jenis piring yang tersedia dalam ukuran beragam, mulai dari 17 cm.

Karakteristik piring yang satu ini biasanya memiliki ujung melengkung dan mirip dengan piring roti dan mentega, hanya ukurannya sedikit lebih besar.

Piring pembuka ini biasanya digunakan untuk hidangan pembuka seperti keju atau buah-buahan.


Nah guys, setelah mengetahui jenis piring dan kegunaannya untuk setiap menu makan yang berbeda, kini kalian bisa mempraktikkan table manner yang memberikan kesan baik bagi orang-orang di sekitar kalian.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan informasi ini agar tidak salah membeli piring makan yang akan digunakan untuk menyajikan makanan di rumah. Bon apetite!